Analisis Proses Bisnis Pada Handayani Hotel Sumedang
Analisis Proses Bisnis Pada Handayani Hotel Sumedang
dengan Menggunakan
Busienss Process Modelling Notation (BPMN)
Busienss Process Modelling Notation (BPMN)
Handayani Hotel
Jl. Prabu Gajah Agung No. 10
Sumedang
Handayani hotel merupakan salah satu pendatang baru pada bisnis perhotelan di
Sumedang (2009 Akhir berdiri), hotel ini
berada pada lokasi yang strategis yaitu
berada dipusat kota dan juga pusat pemerintahan daerah Kabupaten Sumedang, dan itu artinya hotel ini dapat
direkomendasikan kepada para pendatang (kunjungan dinas atau wisatawan) sebagai tempat
peristirahatan apabila berkunjung ke Sumedang, selain itu hotel ini berlabel kelas melati
yang harga penginapannya berkisar 150.000 – 250.000 perhari.
Untuk lebih memahami lingkungan
internal bisnis perusahaan saya melakukan analisis terhadap faktor-faktor internal yang
mempengaruhi kegiatan bisnis perusahaan. Analisis yang dilakukan yaitu analisis
terhadap rantai nilai (Value Chain), dan untuk memahami proses bisnis yang
berjalan saya menggunakan Use Case dan BPMN
(Business Process Modelling Notation).
1.
Analisis Value Chain
Infrastruktur Perusahaan
Parking area, CCTV, TV, AC, Hot water
|
Manajemen Sumber Daya Manusia
Aktivitas perekrutan dan pelatihan.
|
Pengembangan Teknologi
Penggunaan aplikasi Reservasi Hotel
|
Pembelian
Aktivitas pembelian produk-produk fasilitas hotel, serta
pembelian peralatan dan perlengkapan kantor.
|
Inbound Logistic
Aktivitas penerimaan bahan baku
makanan dan minuman, fasilitas produk hotel seperti sikat gigi, handuk,
bunga, dan lain-lain, serta pengendalian produk-produk tersebut
|
Operasi
Aktivitas penjualan
produk-produk berupa kamar hotel, aula,
restoran, dan berbagai fasilitas
lainnya yang
tersedia
|
Outbound Logistic
Pelayanan jasa hotel
|
Pemasaran
& Penjualan
Mengadakan kerja sama
dengan travel agent dan
website penjual hotel, dan
berpartisipasi dalam berbagai aktivitas seperti
sebagai sponsor ketika ada
event/hiburan tertentu.
|
Pelayanan
Berusaha mendapatkan
kepercayaan pelanggan
dengan selalu memberikan pelayanan
yang baik dan cepat serta menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan.
|
Aktivitas Primer
• Inbound Logistic
Aktivitas ini merupakan aktivitas yang
berhubungan dengan penerimaan dan pengendalian produk. Aktivitas logistik dalam
yang dilakukan Hotel handayani meliputi aktivitas penerimaan bahan baku makanan dan minuman, serta
produk-produk fasilitas hotel seperti
bunga, sikat gigi, sabun, handuk, dan lain-lain, serta pengendalian pemakaian
produk-produk tersebut.
•
Operasi
Aktivitas ini berupa kegiatan operasional pada
Hotelhandayani, yaitu melakukan penjualan produk-produk berupa kamar hotel,
ballroom, restoran, dan berbagai fasilitas lainnya yang tersedia.
• Outbound Logistic
Untuk aktivitas ini, Handayani hotel hanya
menjual jasa. Sehingga logistic keluarnya berupa jasa bukan barang nyata.
•
Pemasaran dan Penjualan
Aktivitas pemasaran dan penjualan dilakukan
oleh Hotel handayani untuk menarik minat pelanggan terhadap produk-produk yang
dipasarkan. Kegiatan pemasaran dan penjualan yang dilakukan adalah dengan
mengadakan kerja sama dengan travel agent dan website penjual hotel, serta ikut
berpartisipasi dalam berbagai aktivitas seperti menjadi sponsor pada
event-event tertentu.
•
Pelayanan
Aktivitas ini merupakan aktivitas yang
bertujuan untuk memperkuat atau menjaga nilai produk, serta mendapatkan
kepercayaan pelanggan terhadap Hotel Hnadayani. Aktivitas pelayanan yang
dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan cepat serta menjalin
komunikasi yang baik dengan pelanggan.
2.
Aktivitas Pendukung
•
Infrastruktur Perusahaan
Infrastruktur perusahaan merupakan aktivitas
penyediaan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh perusahaan untuk menunjang
kegiatan bisnisnya. Infrastruktur Handayani Hotel meliputi CCTV untuk
mengontrol lingkungan Handayani, perangkat computer untuk mengelola resesrvasi
hotel, parking area untuk memudahkan tamu-tamu yang datang ke Handayani hotel
yang menggunakan mobil pribadi. Hotel handayani perlu memelihara infrastruktur
yang ada agar dapat berjalan dengan baik, dan memperbaiki infrastruktur yang
kurang layak agar tidak menjadi ancaman bagi perusahaan.
•
Manajemen Sumber Daya Manusia
Aktivitas ini merupakan aktivitas yang
mengelola sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan. Aktivitas ini meliputi
aktivitas perekrutan dan pelatihan karyawan Hotel.
•
Pengembangan teknologi
Aktivitas pengembangan teknologi yang
dilakukan Hotel Handayani saat ini adalah penggunaan Penggunaan aplikasi Reservasi
Hotel (hanya system check in dan check out)
•
Pembelian
Aktivitas pembelian merupakan aktivitas yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mendukung aktivitas utama yang mencakup
aktivitas pembelian produk-produk fasilitas hotel, serta pembelian peralatan
dan perlengkapan hotel.
diagram BPMN dan use case download selengkapnya disini
Bizagi, BPMN 2.0
by Example Bizagi Process Modeler. http://www.bizagi.com/docs/BPMNbyExampleEng.PDF. 30 Mei 2014
Milton and
Johnson, Service Blueprinting And BPMN: A Comparison. University of Melbourne,
Australia
Bagi yang sedang berkunjung dekat daerah Dago, silahkan mampir menginap di hotel famili di Bandung atau hotel resort di Bandung. Yang pastinya nyaman dan cocok untuk keluarga.
ReplyDelete