Definisi Organisasi



[1]Stephen P. Robbins – Timothy A. Judge yang diterjemahkan oleh Diani Angelica, Ria Cahyani, dan Abdul Rosyid (2008:5)
“Sebuah unit sosial yang dikoordinasi secara sadar teridiri atas dua orang atau lebih, dan berfungsi dalam suatu dasar yang relatif terus-menerus guna mencapai satu atau serangkaian tujuan yang sama”
[2]H. R. Daeng Naja dalam bukunya yang berjudul Manajemen Fit and Proper Test (2004:12)
Menurut Rosenzweig organisasi dapat dipandang sebagai : (1) sistem social, yaiutu orang-orang dalam kelompok;(2) integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama; dan (3) orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama.
Menurut Maatthias Aroef mengemukakan bahwa suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuannya.
Menurut Pfiffner dan Sherwoodmemberikan definisi organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhuungan, bertemu muka, secara intim dan terikat dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhuungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis.
Menurut allen, organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
[3]Yayat M. Herujito dalam bukunya yang berjudul Dasar-Dasar Manajemen (2001:4-5)
JamesD. Mooney “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose”
Lyndal Urwich yang mengutip pendapat Henry Fayol dalam bukunya Aspect of Administration menyatakan, “ Organization as means to build of human and material of undertaking, organizing both men and material”.
Phiffner John F. dan Presthus Robert V, secara lebih luas mengatakan, “ Organizing is the structuring of individuals and function into productive relationship” dan lebih jauh ia mengatakan, “Organizing seeks a pattern of skills and responsibility that will ensure coordination and unity of purpose though supervision”.
Menurut soekarni dalam Almanak Lembaga Administrasi Negara 1960, organisasi adalah wadah ketika semua aktivitas administrasi dijalankan karena administrasi merupakan keseluruhan proses kerja untuk mencapai tujuan organisasi yang ditentukan

[4]Griffin dalam bukunya yang berjudul Manajemen, edisi 7, jilid 1 alih bahasa oleh Gina Gania, M.B.A (2004:6)

Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja bersama dalam satu cara yang terstruktur dan terkoordinasi untuk mencapai serangkaian tujuan.

.
Herujito, Yayat M. 2001. Dasar-dasar Manajemen, Jakarta : PT. Grasindo.
Naja, Hasanuddin Rahman Daeng. 2004. Manajemen Fit and Proper Test, Yogyakarta : Pustaka Widyatama.
Ricky W Griffin. 2004. Manajemen (Edisi Kedua Belas). Jakarta: Erlangga.
Robbins, Stephen P, Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi, Jakarta : PT. Salemba  Empat.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT IFE EFE CPM dan QSPM Pada Amazy (Perusahaan Makanan Siap Saji) Sumedang