Definisi Organisasi
[1]Stephen P. Robbins – Timothy A.
Judge yang diterjemahkan oleh Diani Angelica, Ria Cahyani, dan Abdul Rosyid
(2008:5)
“Sebuah unit sosial yang
dikoordinasi secara sadar teridiri atas dua orang atau lebih, dan berfungsi
dalam suatu dasar yang relatif terus-menerus guna mencapai satu atau
serangkaian tujuan yang sama”
[2]H. R. Daeng Naja dalam bukunya
yang berjudul Manajemen Fit and Proper Test (2004:12)
Menurut Rosenzweig
organisasi dapat dipandang sebagai : (1) sistem social, yaiutu orang-orang
dalam kelompok;(2) integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang
yang bekerja sama; dan (3) orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada
tujuan bersama.
Menurut Maatthias
Aroef mengemukakan bahwa suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang
bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuannya.
Menurut Pfiffner dan Sherwoodmemberikan
definisi organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang
yang saling berhuungan, bertemu muka, secara intim dan terikat dalam suatu
tugas yang bersifat kompleks, berhuungan satu dengan yang lainnya secara sadar,
menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis.
Menurut allen,
organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan
kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan
menetapkan hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang
bekerja sama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
[3]Yayat M. Herujito dalam bukunya
yang berjudul Dasar-Dasar Manajemen (2001:4-5)
JamesD. Mooney “Organization
is the form of every human association for the attainment of common purpose”
Lyndal Urwich yang
mengutip pendapat Henry Fayol dalam bukunya Aspect of Administration menyatakan,
“ Organization as means to build of human and material of undertaking, organizing
both men and material”.
Phiffner John F. dan
Presthus Robert V, secara lebih luas mengatakan, “ Organizing is the
structuring of individuals and function into productive relationship” dan lebih
jauh ia mengatakan, “Organizing seeks a pattern of skills and responsibility
that will ensure coordination and unity of purpose though supervision”.
Menurut soekarni dalam
Almanak Lembaga Administrasi Negara 1960, organisasi adalah wadah ketika semua
aktivitas administrasi dijalankan karena administrasi merupakan keseluruhan
proses kerja untuk mencapai tujuan organisasi yang ditentukan
[4]Griffin dalam bukunya yang berjudul Manajemen, edisi 7, jilid 1 alih bahasa oleh Gina Gania, M.B.A (2004:6)
Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja bersama dalam satu cara yang terstruktur dan terkoordinasi untuk mencapai serangkaian tujuan.
.
Herujito, Yayat M.
2001. Dasar-dasar Manajemen, Jakarta
: PT. Grasindo.
Naja, Hasanuddin
Rahman Daeng. 2004. Manajemen Fit and
Proper Test, Yogyakarta : Pustaka Widyatama.
Ricky W Griffin. 2004. Manajemen (Edisi Kedua
Belas). Jakarta: Erlangga.
Robbins, Stephen P,
Timothy A. Judge. 2008. Perilaku
Organisasi, Jakarta : PT. Salemba
Empat.
Comments
Post a Comment