CONTOH PROYEK SI
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
RUANG LINGKUP
Pengembangan
sistem informasi ini dibatasi pada bagaimana para calon anggotaperpustakaan
yang ingin mendaftar menjadi anggota perpustakaan, bagaimana prosespeminjaman
buku, bagaimana proses pengembalian buku
serta pembuatan laporanpeminjaman buku
dan pengembalian buku.
BIAYA
Berikut adalah
perincian biaya yang dibutuhkan :1.
1. Biaya Persiapan
Operasional
a)
Biaya Instalasi Software
Microsoft Visual Basic 6.0 Rp 200.000
MySql Rp 700.000
b) Biaya
Instalasi Hardware
Modem PCI Rp 750.000
CPU Unit Rp
4.500.000
Monitor LCD Rp
1.150.000
Printer Rp 600.000
2. Biaya
Proyek
a) Biaya
Konsultasi :
Analisis 1 Orang Rp 10.000.000
Programmer 2 Orang Rp 10.000.000
Teknisi Rp 5.000.000
b) Biaya Akomodasi 4 orang Rp. 600.000
3. Tahap Analisis dan Desain
a) Biaya
Mengumpulkan Data, Dokumentasi Rp 150.000
b) Biaya
Rapat Rp 200.000
4. Tahap Penerapan Sistem
Biaya pelatihan sistem aplikasi Rp 500.000
5. Biaya
Operasi dan Perawatan
a) Biaya
perawatan Hardware Rp 2.000.000
b) Biaya
perawatan Software Rp 2.000.000
c) Biaya
Konsultasi Rp
1.000.000
Total
Biaya Keseluruhan Rp
39.350.000
JADWAL
1. Persiapan hardware dan software
2. Coding
3.Instalasi hardware dan software
.4.Konversi data
5.Uji coba dan dokumentasi
SISTEM INFORMASI PT
BLESINDO INDONESIA
RUANG LINGKUP
Sistem
informasi ini mempunyai ruang
lingkup yang harus
dikembangkan sebagai
berikut :
1. Meneliti
prosedur - prosedur, kegiatan dan laporan yang berhubungan dengan
aktifitas pengendalian penjualan dan pemasaran.
2.
Menganalisis operasi,kegiatan dan
laporan yang berhubungan
dengan
penjualan dan pemasaran.
3.
Mendesain sistem informasi
yang dapat mendukung semua
operasi, aktifitas
pengendalian penjualan dan perencanaan.
4.
Mengintegrasikan sistem informasi dengan sistem informasi yang lain.
5. Membuat
program komputer untuk proyek sistem informasi ini.
6. Menerapkan
dan mengetes sistem sampai dapat dioperasikan.
KENDALA
Kendala yang dihadapi selain dari faktor luar
tapi juga datang dari SDM sendiri
dan
perusahaan. Kendala ini meliputi :
a.
Penggunaan/ketersediaan dana.
Ketersediaan dana yang sangat minim untuk
pengembangan sistem yang tidak
boleh melebihi Rp. 10.000.000,-
WAKTU
Semua
proyek-proyek pengembangan komputer
yang direncanakan harus
telah selesai dan siap dioperasikan dengan baik
paling lama awal tahun 2009
dengan waktu pengembangannya paling lama
tahun 1 tahun sejak usulan
ini
telah
disetujui dan mempunyai
umur ekonomi paling
sedikit 3 tahun
dan
paling lama 6 tahun.
BIAYA
biaya
yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1.
Biaya Pengadaan.
No
|
Transaksi
|
Biaya
|
1
|
Pembelian perangkat keras
|
Rp. 1.000.000
|
2
|
Biaya perawatan
|
Rp.
500.000
|
Total
|
Rp. 1.500.000
|
2.
Biaya Proyek.
a.
Konsultan
No
|
|
|
Transaksi
|
Biaya
|
1
|
Analis
|
|
|
Rp. 1.000.000
|
2
|
Programer
|
|
|
Rp. 2.000.000
|
3
|
Akomodasi
|
|
|
Rp. 2.000.000
|
Total
|
|
|
|
Rp. 5.000.000
|
b.
Tahap Desain
No
|
Transaksi
|
Biaya
|
1
|
Pengumpulan data
|
Rp. 1.000.000
|
2
|
Rapat koordinasi
|
Rp.
500.000
|
3
|
Staff
|
Rp. 1.500.000
|
4
|
Pembelian kertas/ATK
|
Rp
500.000
|
Total
|
Rp. 3.500.000
|
c.
Tahap Penerapan System
No
|
Transaksi
|
Biaya
|
1
|
Pembuatan metode
on-line
|
Rp.
300.000
|
2
|
Konversi data
|
Rp.
200.000
|
3
|
Manajemen & staff
|
Rp.
200.000
|
Total
|
|
Rp.
700.000
|
3.
Biaya Operasi dan
Perawatan Sistem.
No
|
Transaksi
|
Biaya
|
1
|
Overhead(listrik,dll)
|
Rp.
1.300.000
|
2
|
Perawatan Inventaris kantor
|
Rp.
1.000.000
|
3
|
Perawatan Lab
|
Rp.
500.000
|
Total
|
|
Rp.
2.800.000
|
WAKTU
Karena
waktu masing – masing kegiatan mempunyai unsur probabilitas maka waktu yang
ditaksir akan digunakan tiga macam waktu, yaitu waktu optimis (ai), waktu
tengah – tengah (bi) dan waktu pesimis (ci). Waktu kegiatan untuk kedua
alternative yang diusulkan adalah sebagai berikut ini :
Kode
Kegiatan
|
Nama Kegiatan
|
|
Alternati
|
I
|
|
Alternatif
|
II
|
ai
|
ci
|
bi
|
ai
|
ci
|
bi
|
||
A
|
Analisa Sistem
|
10
|
8
|
0
|
14
|
12
|
10
|
B
|
Desain Sistem ( umum dan rinci )
|
6
|
4
|
2
|
10
|
8
|
6
|
C
|
Pengadaan perangkat keras
|
6
|
4
|
2
|
6
|
4
|
2
|
D
|
Pemasangan
dan pengetesan
perangkat keras
|
1
|
1
|
1
|
6
|
4
|
2
|
E
|
Pembuatan program komputer
|
10
|
8
|
6
|
14
|
12
|
10
|
F
|
Mengetes program komputer
|
1
|
1
|
1
|
6
|
4
|
2
|
G
|
Mengetes dan mengoperasikan sistem
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
Kegiatan
PERT :
Kegiatan
|
Waktu Lama
|
Waktu Tengah
|
|
Waktu
Cepat
|
Waktu
Estimasi
|
Deviasi Standard
|
A
|
10
|
8
|
6
|
|
8
|
.6666667
|
B
|
6
|
4
|
2
|
|
4
|
.6666667
|
C
|
6
|
4
|
2
|
|
4
|
.6666667
|
D
|
1
|
1
|
1
|
|
1
|
0
|
E
|
10
|
8
|
6
|
|
8
|
.6666667
|
F
|
1
|
1
|
1
|
|
1
|
0
|
G
|
3
|
2
|
1
|
|
2
|
.3333334
|
Tabel
Jalur Kritis :
Kegiatan
|
Early Start
|
Latest Start
|
Early Finish
|
Letest Finish
|
Slack
|
Jalur Kritis
|
A
|
0
|
0
|
8
|
8
|
0
|
*
|
B
|
8
|
8
|
12
|
12
|
0
|
*
|
C
|
0
|
15
|
4
|
19
|
15
|
|
D
|
4
|
19
|
5
|
20
|
15
|
|
E
|
12
|
12
|
20
|
20
|
0
|
*
|
F
|
20
|
20
|
21
|
21
|
0
|
*
|
G
|
21
|
21
|
23
|
23
|
0
|
*
|
Total
Waktu Jalur Kritis = 23
Deviasi
Standard jalur Kritis = 1.201851
2
– Hitung = 24.12946
Probabilitas
Proyek selesai dalam waktu 52 adalah = 99.99436 %
PENGEMBANGAN
SISTEM INFORMASI PELAYANAN INFORMASI DAN PENDAFTARAN SECARA ONLINE
DI
RUMAH SAKIT MISI RANGKASBITUNG
RUANG
LINGKUP
Ruang lingkup aplikasi ini hanya
pada pembuatan aplikasi pendaftaran secara online untuk penjadwalan konsultasi
dengan dokter atau berobat jalan, pelayanan informasi rekam medis pasien dan
pengolahan database yang berhubungan dengan pasien, seperti kunjungan pasien,
biodata pasein dan data rekam medis pasien.
BIAYA
No
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Software
-
Adobe Photoshop
|
1
|
Rp. 1.000.000,-
|
Rp. 1.000.000,-
|
2.
|
Hardware
-
Computer Server
Ram
2Gb, Hdd 500 Gb, Monitor Flat
-
Printer
|
2
2
|
Rp. 3.100.000,-
Rp. 1.500.000,-
|
Rp. 6.200.000,-
Rp. 3.000.000,-
|
3.
|
Tenaga Ahli
-
Sistem Analis
-
Disainer
-
Programmer
|
|
|
Rp. 40.000.000,-
Rp. 20.000.000,-
Rp. 30.000.000,-
|
|
TOTAL
|
|
|
Rp. 102.000.000,-
|
WAKTU
No.
|
Tahapan Pekerjaan
|
Jadwal Pelaksanaan
|
|||||||
Bulan Januari
|
Bulan Februari
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tahap Perencanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Tahap Analisis
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tahap Perancangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Tahap Evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Tahap Implementasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PT. IWAN CAHAYA SENTOSA
RUANG LINGKUP
Penjualan mencakup: penerimaan pesanan
dari pelanggan, pengiriman barang ke pelanggan, retur penjualan dan penyediaan laporan.
BIAYA
No.
|
Keterangan
|
Waktu
|
Biaya
|
1.
|
Sistem Informasi
|
3 bulan
|
19,000,000
|
|
Manajer
Proyek (Sistem Analis)
|
|
6,000,000
|
|
Analis
Programmer @ 3,000,000
|
|
12,000,000
|
|
Dokumentasi
& Akomodasi
|
|
1,000,000
|
2.
|
Infrastuktur
|
1 minggu
|
9,000,000
|
|
Komputer
Server (1 unit)
|
|
4,500,000
|
|
Komputer
Workstation (1 unit)
|
|
3,500,000
|
|
Pemasangan
Jaringan & Alat
|
|
1,000,000
|
3.
|
Maintenance
|
|
1,000,000
|
|
|
Total Biaya
|
29,000,000
|
WAKTU
Berikut
Estimasi Jadwal secara garis besar :
1. Persiapan
Projek
|
: 1 Minggu
|
2. Analisa
Data dan Proses
|
: 2 Minggu
|
3. Peracangan
(Data, Proses, Interface dll)
|
: 2 Minggu
|
4. Mempresentasikan
hasil rancangan (berikut perubahan)
|
: 1 Minggu
|
5. Programming
dan Testing
|
: 8 Minggu
|
6. Implementasi
|
: 2 Minggu
|
7. Pemeliharaan
|
: 8 Minggu
|
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WAP
(MOBILE)
RUANG LINGKUP
Dalam penelitian dan studi kasus
pembuatan sistem informasi akademik berbasis WAP dibatasi oleh faktor-faktor
berikut:
1.
Informasi yang ditampilkan berupa teks dan gambar.
2.
Hanya dapat diakses dengan menggunakan telepon selular (HP) yang telah memiliki
fasilitas WAP Enable.
3.
Dapat dioperasikan dengan menggunakan jenis kartu yang dikeluarkan oleh
masing-masing operator telepon seluler yang yang telah memiliki fasilitas WAP
Gateway.
4.
Fasilitas Video Streaming hanya
Dapat diakses oleh Handphone yang di dalamnya telah di pasang perangkat lunak
untuk menampilkan video streaming, seperti Real Player atau
Windows Media Player. Dan menggunakan Kartu telepon yang telah mengukung
WAP Gateway dan Teknologi GPRS.
BIAYA
Biaya
Pembangunan Pusat Data
Hardware
1.
Server Jaringan Rp. 15.000.000,-
2.
PC 3 unit Rp.6.500.000,-
3.
Instalasi Server, Client dan Jaringan Rp. 5.000.000,-
4.
Peralatan Jaringan (switch 24 port + kabel) Rp. 10.000.000,-
5.
Biaya Pelatihan (2 hari) Rp 7.500.000,-
6.Pembuatan
WAP Gateway Rp.12.000.000,-
Total Biaya Pengadaan Hardware Rp.80.000.000 ,-
Software Aplikasi
Biaya Pembuatan Software Aplikasi Rp 50.000.000,-
Biaya
Instalasi Pusat data dan 3 client Rp 31.500.000-
Biaya
Pelatihan Rp 2.500.000,-
WAKTU
1.
Waktu pengerjaan perencanaan : 4 minggu.
2.
Waktu pengerjaan pembangunan : 8 minggu.
RANCANGBANGUN
SISTEM MANAJEMEN BASISDATA TERPADU
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI
RUANG LINGKUP
yang akan dibangun, yaitu: Data Center Services,
dengan empat komponen utama (modul),
yaitu :
§ AKADEMIK
Subsistem
ini melayani fungsi-fungsi bidang akademik. Dimana hal ini berhubungan juga
dengan kemahasiswaan untuk menentukan KRS, bagian keuangan untuk mengecek
pembayaran SPP dan bagian kepegawaian untuk menyusun jadwal mengajar.
Meliputi:
o Pengisian
KRS o Penyusunan Jadwal
Kuliah o Penyusunan Jadwal
Mengajar
o Pengolahan
Hasil Evaluasi Belajar/ Ujian o Pencetakan
KHS o Dll. (didapat saat User Requirement Analysis) Manfaat:
o Penyusunan
jadwal dapat dilakukan dengan mudah dengan adanya integrasi dengan KRS dan
kepegawaian dalam hal ini dosen pengajar. o KRS dapat diisi secara
cepat.
o Hasil
Evaluasi Belajar dapat disimpan dengan rapi dan dapat melakukan perhitungan
secara cepat dan akurat.
o KHS
dapat dicetak dengan cepat.
§ KEPEGAWAIAN
Subsistem
ini melayani fungsi-fungsi bidang kepegawaian. Dimana kepegawaian meliputi
dosen dan staf administrasi. Data dan informasi dari kepegawaian ini
dimanfaatkan juga oleh subsistem lain yaitu keuangan untuk melakukan penggajian
dan akademik atau pengajaran untuk menyusun jadwal mengajar.
Meliputi:
o Data
Pribadi Pegawai dan Dosen Pengajar o Data
Absensi o Data Penggajian o Dll. (didapat saat User Requirement Analysis) Manfaat:
o Data
pegawai dapat tersimpan dengan baik. o Absensi
dapat dilihat dengan mudah.
o Perhitungan
gaji dapat diberikan berdasarkan perhitungan otomatis yang dilakukan oleh
sistem.
o Pembayaran
tunjangan mengajar dapat dihitung dengan mudah.
§ KEUANGAN
Susbsistem
Keuangan merupakan sistem yang ada dibagian keuangan dan administrasi. Sistem
ini mengelola penerimaan SPP dari mahasiswa, melakukan pembayaran gaji atau
honorarium karyawan dan dosen, membuat laporan-laporan bagi pihak-pihak yang
berkepentingan.
Meliputi:
o Penerimaan
pembayaran SPP dari mahasiswa.
o Bukti
pembayaran SPP. o Laporan pembayaran SPP.
o Membuat
dan menghitung gaji atau honorarium karyawan atau dosen, yang datanya berasal
dari bagian kepegawaian. o Membuat
rekapitulasi gaji bulanan/ tahunan. o Dll.
(didapat saat User Requirement Analysis)
Manfaat:
o Memudahkan
Top Manajemen dalam melakukan pengawasan keuangan, serta melihat kondisi
keuangan yang ada (cash flow).
o Pengawasan
terhadap mahasiswa yang terlambat/ penundaan pembayaran SPP.
o Memudahkan
dalam perhitungan gaji atau honorarium berdasarkan jadwal hadir.
§ KEMAHASISWAAN
Subsistem
kemahasiswaan merupakan sistem yang mengelola data-data mengenai mahasiswa,
yang meliputi data tentang mahasiswa yang aktif maupun non aktif dan data pendaftaran
mahasiswa.
Meliputi:
o Mengelola
data pendaftaran mahasiswa baru dan mahasiswa lama (her registrasi).
o Membuat
laporan tentang mahasiswa aktif maupun non aktif.
o Mengelola
data-data pribadi untuk mahasiswa. o Dll.
(didapat saat User Requirement Analysis)
Manfaat:
o Memudahkan
Top Management untuk membuat perkiraan/ perencanaan jumlah atau kapasitas yang
telah dimiliki dengan perkembangan jumlah pendaftaran mahasiswa, baik yang baru
maupun yang lama.
o Memudahkan
bagian akademik untuk membuat perencanaan pengembangan kurikulum dan fasilitas
untuk belajar mengajar.
o Memudahkan
untuk melihat informasi mengenai mahasiswa beserta prestasinya.
BIAYA
TAHAPAN KEGIATAN
|
BIAYA
|
SATUAN
|
Data Center Service Development:
o Planning & Analyzing o Designing & Implementing o Training o Documenting
|
Rp. 10.000.000,-
Rp. 10.000.000,-
Rp.
2.000.000,-
Rp.
3.000.000,-
|
/paket
/paket
/paket
/paket
|
TOTAL BIAYA
|
Rp. 25.000.000,-
|
|
Terbilang: Dua Puluh Lima Juta Rupiah.
|
JADWAL
WAKTU
|
JENIS KEGIATAN
|
|
OUTPUT
|
Tahap I (3 Bulan)
|
Planning and Analyzing
|
•
•
|
Mock up of System
User requirement
|
|
|
•
|
Questioner Result
|
|
|
•
|
Data analyzing
|
Tahap II (3 Bulan)
|
Designing and Prototyping
|
• •
|
System design
System prototype
|
Tahap III (4 Bulan)
|
Constructing, Testing, and Implementing
|
• •
|
Final system
System implementing
|
Comments
Post a Comment