Kerugian dan Keuntungan E-Commerce
1.Kerugian e-commerce di antaranya:
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
- Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam..
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
- Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja ketidakjujuran , praktek bisnis yang tidak benar , kesalahan faktor manusia , kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
- Security Beberapa metode pengamanan data dalam transaksi E-Commerce dan E-Bussines : Kriptografi Public Key : merupakan sistem asimetris (tidak simetris) menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian yaitu public key untuk enkripsi data dan private key untuk dekripsi data. Public key disebarkan ke seluruh dunia sementara private key tetap disimpan. Siapapun yang memiliki public key tersebut dapat mengenkripsi informasi yang hanya dapat dibaca oleh seseorang yang memiliki private key walaupun anda belum pernah mengenal bahkan tidak tahu sama sekali siapa yang memiliki public key tersebut. Contoh : Elgamal , RSA , DSA. Keuntungan : memberikan jaminan keamanan kepada siapa saja yang melakukan pertukaran informasi meskipun diantara mereka tidak ada persetujuan mengenai keamanan data terlebih dahulu maupun saling tidak mengenal satu sama lain.
- Meningkatkan INDIVIDUALISME, pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi dan mendapatan barang/jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun.
- Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata
- Tidak MANUSIAWI, sering sekali seseorang pergi ke toko & MALL tidak sekedar ingin memuaskan kebutuhannya akan barang/ jasa tertentu, akan tetapi bisa juga untuk refreshing, ketemu teman dan keluarga dan sebagainya.
2.
Model bisnis yang dilakukan :
a.
Amazon.com
adalah marketplace terbesar yang didirikan oleh Jeff Bedoz seorang pria dari
Mexico. Yang awal nya hanya menjual buku secara online namun kemudian menjual
macam-macam produk lainnya. Sistem bisnis di Amazon.com lain daripada yang lain karena di Amazon, harga
baran ditentukan tetap. Pembeli dapat membayar langsung kepada penjual barang
atau lewat Amazon.com menggunakan kartu kredit
1. akses kejutaan pelanggan di website Amazon.com
2. tidak perlu pergi ke pasar, toko, ataupun
mall.
3. kepercayaan
pembeli tepercaya
b. yahoo.com perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini
terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs
dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi
dan media sosialnya.
c. detik.com
menyajikan suatu informasi atau berita yang selalu di update setiap kali ada
berita misalnya saja mengenai politik,olahraga dll.
d. Dell
beroperasi dengan sistem pemesanan langsung di mana pemesanan dilakukan via
telepon dan PC dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diingkinkan pelanggan.
Melalui Dell.com, pelanggan Dell dapat membeli PC, perlengkapan, software,
serta mendapatkan pendukung teknis dan pelayanan lainnya secara online. Dengan e-commerce,
Dell dapat meminimalisasi biaya, menjaga kualitas peyanan, serta mengembangkan
bisnisnya secara efektif dan efisien.
e. model bisnis pada youtoube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para
pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video
secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video
buatan para penggunanya sendiri
3. Karakteristik:
a. B2B : 1. Trading partners yang sudah
diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama.
Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah
mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun
sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
2. Pertukaran data (data exchange)
berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan
format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang
digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti
yang menggunakan standar yang sama.
3. Salah
satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus
menunggu parternya.
4. Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer,
dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku
bisnis.
b. B2C : 1. Terbuka untuk umum, dimana informasi
disebarkan ke umum.
2. Servis
yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat
digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum
digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web.
3. Servis
diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakukan
inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
4.Pendekatan
client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client
(consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing
(business procedure) diletakkan di sisi server.
c. C2C : 1. E_commerce antara individu dan individu
secara langsung.
2. Dengan semakin banyaknya individu yang
terhubung pada internet maka pasar C2C semakin potensial.
Comments
Post a Comment