COBIT 5 - PROCESS REFERENCE GUIDE CONTENTS BAI04 BUILD, ACQUIRE, AND IMPLEMENT



COBIT 5
ENABLING PROCESSES


COBIT 5 - PROCESS REFERENCE GUIDE CONTENTS
BAI04  BUILD, ACQUIRE, AND
IMPLEMENT

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah 
Kontrol dan Audit Sistem Informasi











Disusun oleh :
Agun Guntara
2013210026





PROGRAM PASCA SARJANA
MAGISTER SISTEM INFORMASI STMIK LIKMI BANDUNG
2014


  
1.1       Deskripsi dan Tujuan
1.1.1  Deskripsi Proses
Menyeimbangkan kebutuhan saat ini dan masa depan untuk ketersediaan, kinerja dan kapasitas dengan penyediaan layanan hemat biaya. Mencakup penilaian kemampuan saat ini, peramalan kebutuhan masa depan berdasarkan kebutuhan bisnis, analisis dampak bisnis, dan penilaian risiko dalam merencanakan dan melaksanakan tindakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diidentifikasi.
1.1.2  Pernyataan Tujuan Proses
Menjaga ketersediaan layanan, manajemen sumber daya yang efisien, dan optimalisasi kinerja sistem melalui prediksi kinerja dan kapasitas kebutuhan masa depan

1.2         Tujuan Terkait Teknologi Informasi dan Pengukurannya
1.      Pengiriman layanan TI sesuai dengan kebutuhan bisnis, Pengukurannya:         
         Jumlah gangguan bisnis karena insiden layanan TI
         Persentasi pemangku kepentingan bisnis puas bahwa IT pelayanan kami memenuhi disepakati pada tingkat layanan
         Persen pengguna puas dengan kualitas pelayanan IT
2.      Optimalisasi aset TI, sumber daya dan kemampuan, Pengukurannya :
         Frekuensi kemampuan kematangan dan biaya penilaian optimasi
         Trend dari hasil penilaian
         Tingkat kepuasan bisnis dan eksekutif TI dengan biaya dan kemampuan yang berhubungan dengan IT
3.      Ketersediaan informasi yang dapat diandalkan dan berguna untuk pengambilan keputusan. Pengukurannya:
         Tingkat kepuasan pengguna bisnis dengan kualitas dan ketepatan waktu (atau ketersediaan) informasi manajemen
         Jumlah insiden proses bisnis disebabkan oleh non-ketersediaan informasi
         Rasio dan tingkat keputusan bisnis yang salah di mana informasi yang salah atau tidak tersedia adalah faktor kunci

1.3  Tujuan Proses dan Pengukurannya
1.      Rencana ketersediaan mengantisipasi ekspektasi
bisnis kebutuhan kapasitas                                       
Jumlah kapasitas yang tidak direncanakan, kinerja atau ketersediaan upgrade
2.      Kapasitas, kinerja dan ketersediaan memenuhi
persyaratan.                                                              
Jumlah puncak transaksi di mana target kinerja terlampaui
Jumlah insiden ketersediaan
Jumlah kejadian di mana kapasitas telah melampaui batas yang direncanakan
3.      Ketersediaan, kinerja dan kapasitas masalah diidentifikasi dan diselesaikan secara rutin
Jumlah dan persentase ketersediaan yang belum terselesaikan, kinerja dan kapasitas masalah

1.4   Manajemen Praktis
a.       BAI04.01: Menilai saat ini ketersediaan, kinerja dan kapasitas dan membuat data dasar.
Menilai ketersediaan, kinerja dan kapasitas layanan dan sumber daya untuk memastikan bahwa kapasitas biaya-dibenarkan dan kinerja yang tersedia untuk mendukung kebutuhan bisnis dan memberikan terhadap SLA. Buat ketersediaan, kinerja dan kapasitas baseline untuk perbandingan masa depan
b.      BAI04.02: Menilai dampak bisnis
Mengidentifikasi layanan penting bagi perusahaan, memetakan layanan dan sumber daya untuk proses bisnis, dan mengidentifikasi dependensi bisnis. Pastikan bahwa dampak dari sumber daya tidak tersedia sepenuhnya disetujui dan diterima oleh pelanggan. Memastikan bahwa, untuk fungsi bisnis penting, persyaratan ketersediaan SLA dapat dipenuhi.
c.       BAI04.03: Rencana untuk kebutuhan layanan baru atau diubah.
Merencanakan dan memprioritaskan ketersediaan, kinerja dan kapasitas implikasi perubahan kebutuhan bisnis dan persyaratan layanan.
d.      BAI04.04: Monitor dan review ketersediaan dan kapasitas.
Memantau, mengukur, menganalisa, laporan dan review ketersediaan, kinerja dan kapasitas. Mengidentifikasi penyimpangan dari baseline didirikan. Laporan analisis trend Ulasan mengidentifikasi adanya masalah yang signifikan dan varians, memulai tindakan jika diperlukan, dan memastikan bahwa semua isu yang beredar ditindaklanjuti
e.       BAI04.05: Selidiki dan ketersediaan alamat, kinerja dan kapasitas masalah.
Alamat penyimpangan dengan menyelidiki dan menyelesaikan ketersediaan, kinerja dan kapasitas masalah yang diidentifikasi.
1.5  Proses Praktis
1. BAI04.01: Menilai saat ini ketersediaan, kinerja dan kapasitas dan membuat data dasar.
a.     Masukan
BAI02.01 : Mendefinisikan kebutuhan repository
BAI02.03 : Daftar setiap resiko kebutuhan
b.    Keluaran
         Ketersediaan, kinerja dan kapasitas baseline.
To : internal
         Evaluasi terhadap SLA
To : AP009.05
c. Aktivitas 
1.      Pertimbangkan hal berikut (saat ini dan diperkirakan) dalam penilaian ketersediaan, kinerja dan kapasitas layanan dan sumber daya: kebutuhan pelanggan, prioritas bisnis, tujuan bisnis, dampak anggaran, pemanfaatan sumber daya, kemampuan IT dan tren industri.
2.      Memantau kinerja aktual dan penggunaan kapasitas terhadap ambang batas yang ditetapkan, bila perlu dengan software otomatis.
3.      Mengidentifikasi dan menindaklanjuti semua insiden yang disebabkan oleh kinerja yang tidak memadai atau kapasitas.
4.      Secara teratur mengevaluasi tingkat saat ini kinerja untuk semua tingkat pengolahan (permintaan bisnis, kapasitas pelayanan dan kapasitas sumber daya) dengan membandingkan mereka terhadap tren dan SLA, mempertimbangkan perubahan dalam lingkungan.
d.   Pelaku atau Peran
     Responsible :
1.      Service Manager  
     Accountable :
1.      Head IT Operations
     Consulted :
1.      Chief Information Officer
2.      Head Development
3.      Information Security Manager
4.      Business Continuity Manager  
     Informed:
1.      Business Process Owners
2.   BAI04.02: Menilai dampak bisnis
a.       Masukan
BAI03.02 : internal dan eksternal SLA
b.      Keluaran
         Ketersediaan, kinerja dan kapasitas skenario
To : Internal
         Ketersediaan, kinerja dan kapasitas penilaian dampak bisnis
To : Internal
c.       Aktivitas 
1                . Hanya mengidentifikasi solusi atau layanan yang sangat penting dalam proses manajemen ketersediaan dan kapasitas .
2                Peta solusi yang dipilih atau jasa untuk aplikasi ( s ) dan infrastruktur ( TI dan fasilitas ) di mana mereka bergantung untuk mengaktifkan fokus pada sumber daya penting untuk perencanaan ketersediaan .
3                Mengumpulkan data tentang pola ketersediaan log dari kegagalan masa lalu dan pemantauan kinerja . Gunakan alat pemodelan yang membantu memprediksi kegagalan berdasarkan tren penggunaan masa lalu dan harapan pengelolaan lingkungan baru atau kondisi pengguna .
4                Buat skenario berdasarkan data yang dikumpulkan , menggambarkan situasi ketersediaan masa depan untuk menggambarkan berbagai tingkat potensi kapasitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan kinerja ketersediaan .
5                Menentukan kemungkinan bahwa tujuan kinerja ketersediaan tidak akan tercapai sesuai dengan skenario .
6 . Menentukan dampak dari skenario pada ukuran kinerja bisnis ( misalnya , pendapatan, laba , layanan pelanggan ) . Melibatkan lini bisnis , fungsional ( terutama keuangan) dan para pemimpin regional untuk memahami evaluasi dampak .
7 . Pastikan bahwa pemilik proses bisnis sepenuhnya memahami dan menyetujui hasil analisis ini . Dari pemilik bisnis , mendapatkan daftar skenario risiko yang tidak dapat diterima yang memerlukan respon untuk mengurangi risiko ke tingkat yang dapat diterima .
d.      Pelaku atau Peran
     Responsible :
1.      Service Manager
     Accountable :
1.      Business Process Owners  
2.      Head IT Operations
     Consulted :
1.      Chief Information Officer
2.      Head Development
3.      Information Security Manager
4.      Business Continuity Manager
     Informed:
-
3.  BAI04.03: Rencana untuk kebutuhan layanan baru atau diubah.
a.       Masukan
         BAI02.01 : Kriteria penerimaan dikonfirmasi dari stakeholder
         BAI03.01 : Disetujui tingkat tinggi spesifikasi desain
         BAI03.02 : Disetujui rinci spesifikasi desain
         BAI03.03 : Komponen solusi yang terdokumentasi
b.      Keluaran
         Perbaikan yang diprioritaskan
To : APO02.02
         Kinerja dan kapasitas rencana
To : APO02.02
c.       Aktivitas
1.      Ulasan ketersediaan dan kapasitas implikasi analisis trend layanan.
2.      Mengidentifikasi ketersediaan dan kapasitas implikasi perubahan kebutuhan bisnis dan peluang perbaikan. Gunakan teknik pemodelan untuk memvalidasi ketersediaan, kinerja dan kapasitas rencana.
3.      Prioritaskan perbaikan yang diperlukan dan menciptakan ketersediaan dan kapasitas rencana biaya-dibenarkan.
4.      Mengatur kinerja dan kapasitas rencana dan SLA berdasarkan realistis, baru, diusulkan dan / atau diproyeksikan proses bisnis dan jasa pendukung, aplikasi dan perubahan infrastruktur serta review dari kinerja aktual dan penggunaan kapasitas, termasuk tingkat beban kerja.
5.      Memastikan bahwa manajemen melakukan perbandingan permintaan aktual pada sumber daya dengan diperkirakan pasokan dan permintaan untuk mengevaluasi teknik peramalan saat ini dan melakukan perbaikan jika memungkinkan.
d.      Pelaku atau Peran
     Responsible :
1.      Business Process Owners
2.      Service Manager
     Accountable :
1.      Head IT Operations
     Consulted :
1.      Chief Information Officer
2.      Head Development  
3.      Information Security Manager
4.      Business Continuity Manager
     Informed: Siapa yang menerima informasi?
-
4.   BAI04.04: Monitor dan review ketersediaan dan kapasitas.
a.       Masukan
-
b.      Keluaran
Ketersediaan, kinerja dan laporan
To : MEA01.03
c.       Aktivitas
1.      Menetapkan proses untuk mengumpulkan data untuk menyediakan manajemen dengan pemantauan dan pelaporan informasi untuk ketersediaan, kinerja dan kapasitas beban kerja dari semua sumber informasi yang terkait.
2.      Memberikan laporan rutin dari hasil dalam bentuk yang tepat untuk ditinjau oleh TI dan manajemen bisnis dan komunikasi untuk manajemen perusahaan.
3.      Mengintegrasikan pemantauan dan kegiatan dalam kegiatan pengelolaan kapasitas berulang (pemantauan, analisis, tuning dan implementasi) pelaporan.
4.      Memberikan laporan kapasitas untuk proses penganggaran.
d.      Pelaku atau Peran
     Responsible :
1.      Business Process Owners  
2.      Service Manager
     Accountable :
1.      Head IT Operations
     Consulted :
1.      Chief Information Officer
2.      Head Development
3.      Information Security Manager
4.      Business Continuity Manager
     Informed:
-
5.   BAI04.05: Selidiki dan ketersediaan alamat, kinerja dan kapasitas masalah.
a.       Masukan
-
b.      Keluaran
         Kinerja dan kapasitas kesenjangan
To : internal
         tindakan korektif
To : APO02.02
         Prosedur eskalasi darurat
To : DSS02.02
c.       Aktivitas
3.      Mendapatkan bimbingan dari manual produk vendor untuk memastikan tingkat yang tepat dari ketersediaan kinerja puncak pengolahan dan beban kerja.
4.      Mengidentifikasi kesenjangan kinerja dan kapasitas didasarkan pada pemantauan kinerja saat ini dan diperkirakan. Gunakan spesifikasi ketersediaan diketahui, kontinuitas dan pemulihan untuk mengklasifikasikan sumber daya dan memungkinkan prioritas.
5.      Tentukan tindakan korektif (misalnya, pergeseran beban kerja, memprioritaskan tugas-tugas atau menambahkan sumber daya, ketika kinerja dan kapasitas masalah diidentifikasi).
6.      Mengintegrasikan tindakan perbaikan yang diperlukan ke dalam perencanaan yang tepat dan mengubah proses manajemen.
7.      Tentukan prosedur eskalasi untuk resolusi cepat dalam kasus darurat kapasitas dan kinerja masalah.
d.      Pelaku atau Peran
     Responsible : Siapa yang mendapatkan tugas? 
1.      Business Process Owners
2.      Head Architect
3.      Service Manager I
     Accountable : Siapa yang bertanggung jawab atas keberhasilan tugas? 
1.      Head IT Operations
     Consulted : Siapa yang memberikan masukan? 
1.      Head Development
     Informed: Siapa yang menerima informasi?
1.      Business Executives
2.      Chief Information Officer
3.      Information Security Manager

1.6  Process Assessment Capability
Self-assessmentTemplate (Appendix D of the Self-assessment Guide)


















Nama Proses
Level 0
Level 1
Level 2
Level 3
Level 4
Level 5

BAI04

PA 1.1
PA 2.1
PA 2.2
PA 3.1
PA 3.2
PA 4.1
PA 4.2
PA 5.1
PA5.2

Penilaian berdasarkan kriteria











Level kemampuan yang dicapai











Text Box: N- 0%-15%Text Box: P- 15%-50%Text Box: L- 50%-85%Text Box: F- 85%-100%
N – Not Achieved / tidak tercapai
P – Partially Achieved / sebagian tercapai
L – Largely Achieved / sebagian besar tercapai
F- Fully Achieved / Seluruhnya terapai
 









































































































BAI04
Mengelola Ketersediaan & Kapasitas







Tujuan
Menjaga ketersediaan layanan, manajemen sumber daya yang efisien, dan optimalisasi kinerja sistem melalui prediksi kinerja dan kemampuan kebutuhan masa depan.

Menilai apakah hasil tercapai.
Kriteria
Criteria Are Met Y/N
Comment
Not achieved
(0-15%)
Partially Achieved (15% -50%)
Largely Achieved (50% - 85%)
Fully Achieved (85-100%)
Level 0 Incomplete
Proses ini tidak dilaksanakan, atau gagal untuk mencapai tujuan prosesnya.
Proses ini tidak dilaksanakan, orAt tingkat ini, ada bukti sedikit atau tidak ada apapun pencapaian tujuan proses. gagal untuk mencapai tujuan prosesnya.






Level 1 Performed
 PA 1.1 Proses dilaksanakan mencapai tujuan prosesnya.
Mengikuti hasil proses yang sedang dicapai:
Peringkat Secara keseluruhan untuk proses





BAI04-O1 Rencana ketersediaan mengantisipasi ekspektasi bisnis kebutuhan kapasitas kritis.







BAI04-O2 Kapasitas, kinerja dan ketersediaan memenuhi persyaratan.







BAI04-O3 Ketersediaan, kinerja dan masalah kapasitas diidentifikasi dan diselesaikan secara rutin.






Level 2 Managed
PA 2.1 Manajemen Kinerja - Suatu ukuran sejauh mana kinerja proses dikelola.
Sebagai hasil dari atribut ini:






a)       Tujuan untuk kinerja proses diidentifikasi.

b)      Kinerja proses direncanakan dan dipantau.

c)        Kinerja proses disesuaikan untuk memenuhi rencana.

d)       Tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan proses didefinisikan, ditugaskan dan dikomunikasikan.

e)       Sumber dan informasi yang diperlukan untuk melakukan proses diidentifikasi, dibuat tersedia, dialokasikan dan digunakan

f)        Antarmuka antara pihak-pihak yang terlibat dikelola untuk memastikan komunikasi yang efektif baik dan juga kejelasan penugasan tanggung jawab.


PA 2.2 Work Product Management - Suatu ukuran sejauh mana produk kerja yang dihasilkan oleh proses dikelola secara tepat. Produk kerja (atau output dari proses) didefinisikan dan dikendalikan.
Sebagai hasil dari atribut ini :






a) Persyaratan untuk produk kerja dari proses didefinisikan.
b) Persyaratan untuk dokumentasi dan kontrol dari produk kerja didefinisikan.
c) produk kerja secara tepat diidentifikasi, didokumentasikan, dan dikendalikan.
d) produk kerja ditinjau sesuai dengan pengaturan yang direncanakan dan disesuaikan seperlunya untuk memenuhi persyaratan.

a) Persyaratan untuk produk kerja dari proses didefinisikan.
b) Persyaratan untuk dokumentasi dan kontrol dari produk kerja didefinisikan.
c) produk kerja secara tepat diidentifikasi, didokumentasikan, dan dikendalikan.
d) produk kerja ditinjau sesuai dengan pengaturan yang direncanakan dan disesuaikan seperlunya untuk memenuhi persyaratan.

a) Persyaratan untuk produk kerja dari proses didefinisikan.
b) Persyaratan untuk dokumentasi dan kontrol dari produk kerja didefinisikan.
c) produk kerja secara tepat diidentifikasi, didokumentasikan, dan dikendalikan.
d) produk kerja ditinjau sesuai dengan pengaturan yang direncanakan dan disesuaikan seperlunya untuk memenuhi persyaratan.

a) Persyaratan untuk produk kerja dari proses didefinisikan.
b) Persyaratan untuk dokumentasi dan kontrol dari produk kerja didefinisikan.
c) produk kerja secara tepat diidentifikasi, didokumentasikan, dan dikendalikan.
d) produk kerja ditinjau sesuai dengan pengaturan yang direncanakan dan disesuaikan seperlunya untuk memenuhi persyaratan.

Level 3 Established
PA 3.1 Proses Definisi - Suatu ukuran sejauh mana proses standar dipertahankan untuk mendukung penyebaran dari proses didefinisikan.
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Sebuah proses standar, termasuk pedoman menjahit yang tepat, didefinisikan yang menggambarkan unsur-unsur mendasar yang harus dimasukkan ke dalam sebuah proses yang ditetapkan.
b) urutan dan interaksi dari proses standar dengan proses lain ditentukan.
c) kompetensi yang diperlukan dan peran untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
d) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
e) metode Cocok untuk memantau efektivitas dan kesesuaian proses tersebut telah ditetapkan.






Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Sebuah proses standar, termasuk pedoman menjahit yang tepat, didefinisikan yang menggambarkan unsur-unsur mendasar yang harus dimasukkan ke dalam sebuah proses yang ditetapkan.
b) urutan dan interaksi dari proses standar dengan proses lain ditentukan.
c) kompetensi yang diperlukan dan peran untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
d) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
e) metode Cocok untuk memantau efektivitas dan kesesuaian proses tersebut telah ditetapkan.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Sebuah proses standar, termasuk pedoman menjahit yang tepat, didefinisikan yang menggambarkan unsur-unsur mendasar yang harus dimasukkan ke dalam sebuah proses yang ditetapkan.
b) urutan dan interaksi dari proses standar dengan proses lain ditentukan.
c) kompetensi yang diperlukan dan peran untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
d) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
e) metode Cocok untuk memantau efektivitas dan kesesuaian proses tersebut telah ditetapkan.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Sebuah proses standar, termasuk pedoman menjahit yang tepat, didefinisikan yang menggambarkan unsur-unsur mendasar yang harus dimasukkan ke dalam sebuah proses yang ditetapkan.
b) urutan dan interaksi dari proses standar dengan proses lain ditentukan.
c) kompetensi yang diperlukan dan peran untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
d) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
e) metode Cocok untuk memantau efektivitas dan kesesuaian proses tersebut telah ditetapkan.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Sebuah proses standar, termasuk pedoman menjahit yang tepat, didefinisikan yang menggambarkan unsur-unsur mendasar yang harus dimasukkan ke dalam sebuah proses yang ditetapkan.
b) urutan dan interaksi dari proses standar dengan proses lain ditentukan.
c) kompetensi yang diperlukan dan peran untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
d) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
e) metode Cocok untuk memantau efektivitas dan kesesuaian proses tersebut telah ditetapkan.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Sebuah proses standar, termasuk pedoman menjahit yang tepat, didefinisikan yang menggambarkan unsur-unsur mendasar yang harus dimasukkan ke dalam sebuah proses yang ditetapkan.
b) urutan dan interaksi dari proses standar dengan proses lain ditentukan.
c) kompetensi yang diperlukan dan peran untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
d) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses diidentifikasi sebagai bagian dari proses standar.
e) metode Cocok untuk memantau efektivitas dan kesesuaian proses tersebut telah ditetapkan.


PA 3.2 Proses Deployment - Suatu ukuran sejauh mana proses standar efektif digunakan sebagai proses yang ditetapkan untuk mencapai hasil prosesnya.
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses yang didefinisikan dikerahkan berdasarkan proses standar tepat dipilih dan / atau disesuaikan.
b) Diperlukan peran, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan proses didefinisikan ditugaskan dan dikomunikasikan.
c) Personil melakukan proses didefinisikan kompeten atas dasar pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.
d) sumber daya yang dibutuhkan dan informasi yang diperlukan untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dialokasikan dan digunakan.
e) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dikelola dan dipelihara.
f) Data yang tepat dikumpulkan dan dianalisis sebagai dasar untuk memahami perilaku, dan untuk menunjukkan kesesuaian dan efektivitas proses, dan mengevaluasi apakah perbaikan berkesinambungan dari proses dapat dibuat.






Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses yang didefinisikan dikerahkan berdasarkan proses standar tepat dipilih dan / atau disesuaikan.
b) Diperlukan peran, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan proses didefinisikan ditugaskan dan dikomunikasikan.
c) Personil melakukan proses didefinisikan kompeten atas dasar pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.
d) sumber daya yang dibutuhkan dan informasi yang diperlukan untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dialokasikan dan digunakan.
e) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dikelola dan dipelihara.
f) Data yang tepat dikumpulkan dan dianalisis sebagai dasar untuk memahami perilaku, dan untuk menunjukkan kesesuaian dan efektivitas proses, dan mengevaluasi apakah perbaikan berkesinambungan dari proses dapat dibuat.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses yang didefinisikan dikerahkan berdasarkan proses standar tepat dipilih dan / atau disesuaikan.
b) Diperlukan peran, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan proses didefinisikan ditugaskan dan dikomunikasikan.
c) Personil melakukan proses didefinisikan kompeten atas dasar pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.
d) sumber daya yang dibutuhkan dan informasi yang diperlukan untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dialokasikan dan digunakan.
e) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dikelola dan dipelihara.
f) Data yang tepat dikumpulkan dan dianalisis sebagai dasar untuk memahami perilaku, dan untuk menunjukkan kesesuaian dan efektivitas proses, dan mengevaluasi apakah perbaikan berkesinambungan dari proses dapat dibuat.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses yang didefinisikan dikerahkan berdasarkan proses standar tepat dipilih dan / atau disesuaikan.
b) Diperlukan peran, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan proses didefinisikan ditugaskan dan dikomunikasikan.
c) Personil melakukan proses didefinisikan kompeten atas dasar pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.
d) sumber daya yang dibutuhkan dan informasi yang diperlukan untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dialokasikan dan digunakan.
e) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dikelola dan dipelihara.
f) Data yang tepat dikumpulkan dan dianalisis sebagai dasar untuk memahami perilaku, dan untuk menunjukkan kesesuaian dan efektivitas proses, dan mengevaluasi apakah perbaikan berkesinambungan dari proses dapat dibuat.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses yang didefinisikan dikerahkan berdasarkan proses standar tepat dipilih dan / atau disesuaikan.
b) Diperlukan peran, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan proses didefinisikan ditugaskan dan dikomunikasikan.
c) Personil melakukan proses didefinisikan kompeten atas dasar pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.
d) sumber daya yang dibutuhkan dan informasi yang diperlukan untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dialokasikan dan digunakan.
e) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dikelola dan dipelihara.
f) Data yang tepat dikumpulkan dan dianalisis sebagai dasar untuk memahami perilaku, dan untuk menunjukkan kesesuaian dan efektivitas proses, dan mengevaluasi apakah perbaikan berkesinambungan dari proses dapat dibuat.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses yang didefinisikan dikerahkan berdasarkan proses standar tepat dipilih dan / atau disesuaikan.
b) Diperlukan peran, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan proses didefinisikan ditugaskan dan dikomunikasikan.
c) Personil melakukan proses didefinisikan kompeten atas dasar pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.
d) sumber daya yang dibutuhkan dan informasi yang diperlukan untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dialokasikan dan digunakan.
e) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dikelola dan dipelihara.
f) Data yang tepat dikumpulkan dan dianalisis sebagai dasar untuk memahami perilaku, dan untuk menunjukkan kesesuaian dan efektivitas proses, dan mengevaluasi apakah perbaikan berkesinambungan dari proses dapat dibuat.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses yang didefinisikan dikerahkan berdasarkan proses standar tepat dipilih dan / atau disesuaikan.
b) Diperlukan peran, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan proses didefinisikan ditugaskan dan dikomunikasikan.
c) Personil melakukan proses didefinisikan kompeten atas dasar pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.
d) sumber daya yang dibutuhkan dan informasi yang diperlukan untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dialokasikan dan digunakan.
e) infrastruktur yang diperlukan dan lingkungan kerja untuk melakukan proses didefinisikan yang dibuat tersedia, dikelola dan dipelihara.
f) Data yang tepat dikumpulkan dan dianalisis sebagai dasar untuk memahami perilaku, dan untuk menunjukkan kesesuaian dan efektivitas proses, dan mengevaluasi apakah perbaikan berkesinambungan dari proses dapat dibuat.

Level 4 Predictable
PA 4.1 Proses Pengukuran - Suatu ukuran sejauh mana hasil pengukuran yang digunakan untuk memastikan bahwa kinerja proses mendukung pencapaian tujuan kinerja proses yang relevan dalam mendukung tujuan bisnis yang ditetapkan.
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses informasi yang dibutuhkan dalam mendukung tujuan bisnis didefinisikan relevan ditetapkan.
b) tujuan pengukuran proses yang berasal dari kebutuhan informasi proses.
c) tujuan kuantitatif untuk kinerja proses dalam mendukung tujuan bisnis yang relevan ditetapkan.
d) Tindakan dan frekuensi pengukuran diidentifikasi dan ditetapkan sesuai dengan tujuan pengukuran proses dan tujuan kuantitatif untuk kinerja proses.
e) Hasil pengukuran dikumpulkan, dianalisis dan dilaporkan untuk memantau sejauh mana tujuan kuantitatif untuk kinerja proses terpenuhi.
f) Hasil pengukuran yang digunakan untuk menggambarkan kinerja proses.






Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses informasi yang dibutuhkan dalam mendukung tujuan bisnis didefinisikan relevan ditetapkan.
b) tujuan pengukuran proses yang berasal dari kebutuhan informasi proses.
c) tujuan kuantitatif untuk kinerja proses dalam mendukung tujuan bisnis yang relevan ditetapkan.
d) Tindakan dan frekuensi pengukuran diidentifikasi dan ditetapkan sesuai dengan tujuan pengukuran proses dan tujuan kuantitatif untuk kinerja proses.
e) Hasil pengukuran dikumpulkan, dianalisis dan dilaporkan untuk memantau sejauh mana tujuan kuantitatif untuk kinerja proses terpenuhi.
f) Hasil pengukuran yang digunakan untuk menggambarkan kinerja proses.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses informasi yang dibutuhkan dalam mendukung tujuan bisnis didefinisikan relevan ditetapkan.
b) tujuan pengukuran proses yang berasal dari kebutuhan informasi proses.
c) tujuan kuantitatif untuk kinerja proses dalam mendukung tujuan bisnis yang relevan ditetapkan.
d) Tindakan dan frekuensi pengukuran diidentifikasi dan ditetapkan sesuai dengan tujuan pengukuran proses dan tujuan kuantitatif untuk kinerja proses.
e) Hasil pengukuran dikumpulkan, dianalisis dan dilaporkan untuk memantau sejauh mana tujuan kuantitatif untuk kinerja proses terpenuhi.
f) Hasil pengukuran yang digunakan untuk menggambarkan kinerja proses.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses informasi yang dibutuhkan dalam mendukung tujuan bisnis didefinisikan relevan ditetapkan.
b) tujuan pengukuran proses yang berasal dari kebutuhan informasi proses.
c) tujuan kuantitatif untuk kinerja proses dalam mendukung tujuan bisnis yang relevan ditetapkan.
d) Tindakan dan frekuensi pengukuran diidentifikasi dan ditetapkan sesuai dengan tujuan pengukuran proses dan tujuan kuantitatif untuk kinerja proses.
e) Hasil pengukuran dikumpulkan, dianalisis dan dilaporkan untuk memantau sejauh mana tujuan kuantitatif untuk kinerja proses terpenuhi.
f) Hasil pengukuran yang digunakan untuk menggambarkan kinerja proses.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses informasi yang dibutuhkan dalam mendukung tujuan bisnis didefinisikan relevan ditetapkan.
b) tujuan pengukuran proses yang berasal dari kebutuhan informasi proses.
c) tujuan kuantitatif untuk kinerja proses dalam mendukung tujuan bisnis yang relevan ditetapkan.
d) Tindakan dan frekuensi pengukuran diidentifikasi dan ditetapkan sesuai dengan tujuan pengukuran proses dan tujuan kuantitatif untuk kinerja proses.
e) Hasil pengukuran dikumpulkan, dianalisis dan dilaporkan untuk memantau sejauh mana tujuan kuantitatif untuk kinerja proses terpenuhi.
f) Hasil pengukuran yang digunakan untuk menggambarkan kinerja proses.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses informasi yang dibutuhkan dalam mendukung tujuan bisnis didefinisikan relevan ditetapkan.
b) tujuan pengukuran proses yang berasal dari kebutuhan informasi proses.
c) tujuan kuantitatif untuk kinerja proses dalam mendukung tujuan bisnis yang relevan ditetapkan.
d) Tindakan dan frekuensi pengukuran diidentifikasi dan ditetapkan sesuai dengan tujuan pengukuran proses dan tujuan kuantitatif untuk kinerja proses.
e) Hasil pengukuran dikumpulkan, dianalisis dan dilaporkan untuk memantau sejauh mana tujuan kuantitatif untuk kinerja proses terpenuhi.
f) Hasil pengukuran yang digunakan untuk menggambarkan kinerja proses.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Proses informasi yang dibutuhkan dalam mendukung tujuan bisnis didefinisikan relevan ditetapkan.
b) tujuan pengukuran proses yang berasal dari kebutuhan informasi proses.
c) tujuan kuantitatif untuk kinerja proses dalam mendukung tujuan bisnis yang relevan ditetapkan.
d) Tindakan dan frekuensi pengukuran diidentifikasi dan ditetapkan sesuai dengan tujuan pengukuran proses dan tujuan kuantitatif untuk kinerja proses.
e) Hasil pengukuran dikumpulkan, dianalisis dan dilaporkan untuk memantau sejauh mana tujuan kuantitatif untuk kinerja proses terpenuhi.
f) Hasil pengukuran yang digunakan untuk menggambarkan kinerja proses.


PA 4.2 Kontrol Proses - Suatu ukuran sejauh mana proses secara kuantitatif berhasil menghasilkan sebuah proses yang stabil, mampu dan dapat diprediksi dalam batas yang ditentukan.
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Analisis dan kontrol teknik ditentukan dan diterapkan jika memungkinkan.
b) batas Pengendalian variasi ditetapkan untuk kinerja proses normal.
c) Pengukuran data dianalisis untuk penyebab khusus variasi.
d) Melakukan tindakan korektif yang diambil untuk mengatasi penyebab khusus variasi.
e) Batas Control didirikan kembali (jika diperlukan) menyusul tindakan korektif.






Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Analisis dan kontrol teknik ditentukan dan diterapkan jika memungkinkan.
b) batas Pengendalian variasi ditetapkan untuk kinerja proses normal.
c) Pengukuran data dianalisis untuk penyebab khusus variasi.
d) Melakukan tindakan korektif yang diambil untuk mengatasi penyebab khusus variasi.
e) Batas Control didirikan kembali (jika diperlukan) menyusul tindakan korektif.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Analisis dan kontrol teknik ditentukan dan diterapkan jika memungkinkan.
b) batas Pengendalian variasi ditetapkan untuk kinerja proses normal.
c) Pengukuran data dianalisis untuk penyebab khusus variasi.
d) Melakukan tindakan korektif yang diambil untuk mengatasi penyebab khusus variasi.
e) Batas Control didirikan kembali (jika diperlukan) menyusul tindakan korektif.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Analisis dan kontrol teknik ditentukan dan diterapkan jika memungkinkan.
b) batas Pengendalian variasi ditetapkan untuk kinerja proses normal.
c) Pengukuran data dianalisis untuk penyebab khusus variasi.
d) Melakukan tindakan korektif yang diambil untuk mengatasi penyebab khusus variasi.
e) Batas Control didirikan kembali (jika diperlukan) menyusul tindakan korektif.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Analisis dan kontrol teknik ditentukan dan diterapkan jika memungkinkan.
b) batas Pengendalian variasi ditetapkan untuk kinerja proses normal.
c) Pengukuran data dianalisis untuk penyebab khusus variasi.
d) Melakukan tindakan korektif yang diambil untuk mengatasi penyebab khusus variasi.
e) Batas Control didirikan kembali (jika diperlukan) menyusul tindakan korektif.

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini:
a) Analisis dan kontrol teknik ditentukan dan diterapkan jika memungkinkan.
b) batas Pengendalian variasi ditetapkan untuk kinerja proses normal.
c) Pengukuran data dianalisis untuk penyebab khusus variasi.
d) Melakukan tindakan korektif yang diambil untuk mengatasi penyebab khusus variasi.
e) Batas Control didirikan kembali (jika diperlukan) menyusul tindakan korektif.

Level 5 Optimizing.
PA 5.1 Proses inovasi - Suatu ukuran sejauh mana perubahan untuk proses diidentifikasi dari analisis penyebab umum dari variasi dalam kinerja, dan dari penyelidikan pendekatan inovatif untuk definisi dan penyebaran proses. 
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b)Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses.
b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .






Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b)Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses.
b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses .b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b)Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses.
b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses .
b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses .
b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .


PA 5.2 Process optimisation - A measure of the extent to which changes to the definition, management and performance of the process result in effective impact that achieves the relevant process improvement objectives.
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b)Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses .
b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .






Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses .
b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses .
b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .

Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) tujuan perbaikan Pprocess untuk proses didefinisikan yang mendukung tujuan bisnis yang relevan .
b ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi penyebab umum dari variasi dalam kinerja proses .
c ) Data yang tepat dianalisis untuk mengidentifikasi peluang untuk praktek terbaik dan inovasi .
d ) Peningkatan peluang yang berasal dari teknologi baru dan konsep proses diidentifikasi .
e ) Strategi implementasi didirikan untuk mencapai tujuan perbaikan proses .
Sebagai hasil dari prestasi penuh atribut ini :
a) Dampak dari semua perubahan yang diusulkan dinilai terhadap tujuan dari proses didefinisikan dan standar proses .
b ) Pelaksanaan semua perubahan yang telah disepakati dikelola untuk memastikan bahwa setiap gangguan terhadap kinerja proses dipahami dan ditindaklanjuti .
c ) Berdasarkan kinerja aktual , efektivitas proses perubahan dievaluasi terhadap persyaratan produk ditetapkan dan tujuan proses untuk menentukan apakah hasilnya karena penyebab umum atau khusus .












Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT IFE EFE CPM dan QSPM Pada Amazy (Perusahaan Makanan Siap Saji) Sumedang