Perancangan Strategis Sistem Informasi



Perancangan Strategis Sistem Informasi
Analisis Framework PT. TASBIH SALAM MINA
Menggunakan Metode 5 Competitive Forces, MOST, BCG Matrix Dan Swot

Analisis Domain Menggunakan MOST
1.      Alasan Keberadaan Perusahaan Dibangun
Semakin berkembangnya pangsa pasar dalam bidang Tour, Travel, Pasport, penjualan Tiket Pesawat dan Kereta Api di Indonesia maka, berkembangnya peluang pasar sangatlah besar pada area ini. Di
wiliyah tasik ini contohnya pangsa pasar seperti ini cukup meyakinkan karena banyaknya pelanggan yang sering berpergian dan warga pendatang yang cukup atusias karena merupakan jalur yang sering dilewati untuk melintasi daerah jawa tengah. Oleh karena itu PT. TASBIH SALAM MINA adalah salah satu perusahan penyedia jasa yang cukup baik dalam prospek bisnis saat ini, banyak sekali saingan-saingan yang bersaing dalam bidang bisnis ini tetapi PT. TASBIH SALAM MINA adalah salah satu pelopor perusahaan dalam bidang ini. Perusahaan ini tidak hanya melayani bisnis jasa didalam daerah saja tetapi melayani jasa Umroh&Haji yang terjangkau. Kelebihan dari perusahaan ini adalah penyedia jasa tiket pesawat dalam negeri dan luar negeri, tiket kereta api expres, ekonomi, bisnis dan exekutif, pembuatan passport, paket tour dan travel yang menjangkau dalam dan luar negeri yang mampu bersaing dengan pelaku bisnis serupa dan terpercaya di wilayah ini.
2.      Tujuan Yang Dicapai
Tujuan yang ingin dicapai pada PT. TASBIH SALAM MINA adalah ingin menjadikan perusahaan ini terkemuka, terdepan dan terbesar di Indonesia dalam bidang penyedia jasa perjalanan.
3.      Cara-Cara Mewujudkan Pencapaian Tujuan
a)      Membuka cabang-cabang perusahaan di semua wilayah Indonesia
b)      Memberikan kenyamanan dan keamanan yang kuat bagi pengguna jasa perjalanan ini.
c)      Membuat jam terbang yang baik dalam bidang penyedia jasa perjalanan luar maupun dalam negeri.
d)     Memberikan asuransi dan hadiah-hadiah bagi pelanggan tetap perusahaan.
e)     Peningkatan media informasi teknologi yang bersifat travel services solutions provider trusted.

4.      Pengelompokan Cara-Cara Untuk Mewujudkan Tujuan Yang Dicapai
a.       Membuka cabang-cabang perusahaan di semua wilayah Indonesia
a)      Membuat cabang-cabang kecil diwilayah jawa barat dan sekitarnya.
b)      Memberiakan kepuasan kepada pelanggan diluar jawa barat agar ada permintaan pembuatan cabang didaerah tersebut.
b.      Memberikan kenyamanan dan keamanan yang kuat bagi pengguna jasa perjalanan ini.
a)      Membuat ganti rugi atau alternative lain ketika ada hambatan proses pengguna jasa.
b)      Memberikan pelayanan yang ramah, detail tentang informasi dan mengayomi semua pengguana jasa tidak dilihat dari sisi komersial.
c.       Membuat jam terbang yang baik dalam bidang penyedia jasa perjalanan luar maupun dalam negeri.
a)      Memberikan program-program discount ketika menerima jasa lebih dari satu jasa maupun jarak.
d.      Memberikan asuransi dan hadiah-hadiah bagi pelanggan tetap perusahaan.
a)      Setiap pengguna jasa diberikan asuransi yang nyata dan tidak memberikan harapan.
b)      Memberikan hadiah-hadiah tertentu setiap menggunakan jasa pada hari/bulan/tahun tertentu.
e.      Peningkatan media informasi teknologi yang bersifat travel services solutions provider trusted.
a)      Membuat media web sistem informasi tentang jasa yang disedikan beserta panggunaan jasa tersebut.
b)      Membuat sms gateway bagi pelanggan tetap agar mudah mengakses jasa yang yang disedikan.
c)      Membuat baligho, pamlet dan media promosi lainnya untuk menarik simpatik pengguna maupun calon pengguna jasa yang tersedia di perusahaan ini
Analisis Domain Menggunakan Swot
Analisis SWOT: Kekuatan
1.      Perusahaan pelopor, terkemuka dan terpercaya yang kuat dengan tingkat tinggi akseptasi pelanggan ini memungkinkan perusahaan untuk memperluas cabang-cabang untuk menarik pelanggan baru di wilayah tersebut maupun diluar wilayah.
2.      Skala operasi cukup dikenal pelanggan.
3.      Arus keuangan cukup stabil.
Analisis SWOT: Kelemahan
1.      Cabang perusahaan terbatas pada wilayah ini sehingga pelanggan cukup jauh untuk menggunakaan jasa ini.
2.      Ketika ada permasalahan dalam pemesanan tiket pesawat atau kereta ada trouble communication karena supplier ditempat pemesanan sibuk.
Analisis SWOT: Peluang
1.      Pertumbuhan Global penyedia jasa tiket, tour, travel, passport, haji dan umroh.
2.      Perkembangan Global pasar penyedia jasa tiket, tour, travel, passport, haji dan umroh.
Analisis SWOT: Ancaman
1.      Iklim ekonomi negara-negara dari seluruh dunia telah merasakan
dampak
perubahan global.
2.      Penipuan berkedok penyedia jasa tiket, tour, travel, passport, haji dan umroh.
3.      Kecelakaan dan becana alam yang menghambat tempat tujuan pengguna.
Analisis Domain Menggunakan 5 Competitive Forces
1.      Ancaman dari pendatang baru 
       i.     Merubah harga penjualan jasa agar tetap di percaya pelanggan
  ii.  Memberikan sedikit ruang distribusional bagi perusahaan baru yang belum dipercaya pelanggan
2.      Kekuatan daya tawar pembeli
 i.     Memberikan pemilihan harga yang sesuai dengan yang diinginkan pelanggan
ii.     Menetapkan harga yang sudah pasti yang meyakinkan kosumen perjalanan atau jasa lainnya
iii. Memberikan produk optional lain yang mana memberikan penawaran yang menarik bagi pelanggan
3.      Nilai tawar dari supplier
 i.     Mencari supplier tiket atau jasa paket tour yang lain yang kualitas dan kenyamanan sama tetapi harga suppliernya tidak teralu tinggi.
 ii.     Memberikan ancaman kepada supplier dalam jangka pendek sperti menyetop pemesanan dan link tempat yang berbeda.
4.      Ancaman dari produk pengganti
  i.     Memberikan keterangan dan detail kelebihan produk yang dijual
 ii.     Memperbaiki harga produk agar tetap konsisten dan bersaing dalam bidangnya dan tidak mengabayakan profit dari produk itu sendiri.
5.      Competitor industry
 i.     Memberikan efisiensi yang baik pada harga yang dimiliki oleh perusahaan agar tetap menjadi prioritas utama oleh pelanggan
ii.     Membuka cabang-cabang baru untuk menutup perasingan pasar agar pendatang baru sulit berkembang menguasai pangsa pasar dengan membuka banyak cabang-cabang yang dibuat di sekitar wilayah perusahaan.

Analisis Domain Menggunakan BCG Matrix
VISI DAN MISI PT TASBIH SALAM MINA
VISI
Ø  Menjadi penyedia jasa biro perjalanan yang profesional dan terpercaya
Ø  Mendukung visi misi pariwisata daerah nasional
Ø  Menjadi barometer bagi penyedia sarana dan prasarana wisata nasional
MISI
ü  Memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan dalam berwisata
ü  Para wisatawan bisa memanfaatkan secara maksimal dari fasilitas dan pelayanan terbaik yang diberikan oleh PT. TASBIH SALAM MINA
ü  Mengembangkan SDM yang profesional di bidang jasa biro perjalanan

SEGMENTASI PASAR
·         Segmen Tour and Travel
o   Market leader PT. Tasbih Salam Mina: 95% Pada Wilayah Tasik Segmen Penyedia jasa Passport
o   Market leader CV Jejak Utama: 75% Pada Wilayah Tasik
·         Segmen Penyedia jasa pemesanan Ticketing  
o   Market leader CV Jejak Utama: 70% Pada Wilayah Tasik
·         Segmen Penyedia Jasa Voucher Hotel 
o   Market leader PT. Putra Mandiri: 80% Pada Wilayah Tasik
Analisis BCG Matrix : PT TASBIH SALAM MINA (Posisi Bisnis STAR)
Ø  PT. Tasbih Salam Mina bergerak dibidang jasa yang mana posisi paling tinggi pada penyedia jasa tour dan travel sebesar 95% di wilayah tasik
Ø  Saingan dalam bisnis ini adalah PT. Putra Mandiri sebesar 5% pada bidang tour dan travel.
Analisis BCG Matrix : PT TASBIH SALAM MINA (Posisi Bisnis Wild Cat)
Ø  PT. Tasbih Salam Mina memiliki bisnis lain selain tour dan travel tetapi posisinya belum stabil dan tidak tetap hanya sebesar 10%.
Ø  Pesaing bisnis yang sukses dalam bisnis Penyedia jasa pemesanan ticketing transportasi adalah CV. Jejak Utama sebesar 70% dan pada perusahaan yang tetap tidak mengelami perkembangan dan penurunan adalah CV. Katara Abadi 20%.
Analisis BCG Matrix : PT TASBIH SALAM MINA (Posisi Bisnis Cash Cow)
Ø  PT. Tasbih Salam Mina memiliki bisnis lain penyedia Voucher Hotel posisinya stabil dan tetap sebesar 15%.
Ø  Pesaing bisnis yang sukses dalam bisnis Penyedia Voucher Hotel adalah PT. Putra Mandiri sebesar 80% dan pada perusahaan yang mengelami perkembangan dan penurunan  yang tidak tentu adalah CV. Jejak Utama 5%.

Analisis BCG Matrix : PT TASBIH SALAM MINA (Posisi Bisnis Dog)
Ø  PT. Tasbih Salam Mina memiliki bisnis lain mencoba bisnis baru yaitu penyedia jasa pembuatan document passport posisinya sebagai pemula sebesar 5%.
Ø  Pesaing bisnis yang sukses dalam bisnis penyedia jasa pembuatan document passport adalah CV. Jejak Utama sebesar 75% dan pada perusahaan yang mengelami stabil adalah PT. Putra Mandiri 20%.


Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT IFE EFE CPM dan QSPM Pada Amazy (Perusahaan Makanan Siap Saji) Sumedang