Perancangan Strategis Sistem Informasi
Perancangan
Strategis Sistem Informasi
Analisis Framework PT. TASBIH SALAM MINA
Menggunakan Metode 5 Competitive
Forces, MOST, BCG Matrix Dan Swot
Analisis Domain
Menggunakan MOST
1.
Alasan Keberadaan Perusahaan Dibangun
Semakin berkembangnya pangsa pasar dalam
bidang Tour, Travel, Pasport, penjualan Tiket Pesawat dan Kereta Api di
Indonesia maka, berkembangnya peluang pasar sangatlah besar pada area ini. Di
wiliyah tasik ini contohnya pangsa pasar seperti ini cukup meyakinkan karena
banyaknya pelanggan yang sering berpergian dan warga pendatang yang cukup
atusias karena merupakan jalur yang sering dilewati untuk melintasi daerah jawa
tengah. Oleh karena itu PT. TASBIH SALAM MINA
adalah salah satu perusahan penyedia jasa yang cukup baik dalam prospek bisnis
saat ini, banyak sekali saingan-saingan yang bersaing dalam bidang bisnis ini
tetapi PT. TASBIH SALAM MINA adalah salah satu pelopor perusahaan dalam bidang
ini. Perusahaan ini tidak hanya melayani bisnis jasa didalam daerah saja tetapi
melayani jasa Umroh&Haji yang terjangkau. Kelebihan dari perusahaan ini
adalah penyedia jasa tiket pesawat dalam
negeri dan luar negeri, tiket kereta api expres, ekonomi, bisnis dan exekutif,
pembuatan passport, paket tour dan travel yang menjangkau dalam dan luar negeri
yang mampu bersaing dengan pelaku bisnis serupa dan terpercaya di wilayah ini.
2.
Tujuan Yang Dicapai
Tujuan yang ingin dicapai pada PT.
TASBIH SALAM MINA adalah ingin menjadikan perusahaan ini terkemuka, terdepan
dan terbesar di Indonesia dalam bidang penyedia jasa perjalanan.
3.
Cara-Cara Mewujudkan Pencapaian Tujuan
a)
Membuka
cabang-cabang perusahaan di semua wilayah Indonesia
b)
Memberikan
kenyamanan dan keamanan yang kuat bagi pengguna jasa perjalanan ini.
c)
Membuat
jam terbang yang baik dalam bidang penyedia jasa perjalanan luar maupun dalam
negeri.
d)
Memberikan
asuransi dan hadiah-hadiah bagi pelanggan tetap perusahaan.
e)
Peningkatan
media informasi teknologi yang bersifat travel services solutions provider trusted.
4.
Pengelompokan Cara-Cara Untuk Mewujudkan
Tujuan Yang Dicapai
a.
Membuka
cabang-cabang perusahaan di semua wilayah Indonesia
a)
Membuat
cabang-cabang kecil diwilayah jawa barat dan sekitarnya.
b)
Memberiakan
kepuasan kepada pelanggan diluar jawa barat agar ada permintaan pembuatan
cabang didaerah tersebut.
b.
Memberikan
kenyamanan dan keamanan yang kuat bagi pengguna jasa perjalanan ini.
a)
Membuat
ganti rugi atau alternative lain ketika ada hambatan proses pengguna jasa.
b)
Memberikan
pelayanan yang ramah, detail tentang informasi dan mengayomi semua pengguana
jasa tidak dilihat dari sisi komersial.
c.
Membuat
jam terbang yang baik dalam bidang penyedia jasa perjalanan luar maupun dalam
negeri.
a)
Memberikan
program-program discount ketika menerima jasa lebih dari satu jasa maupun
jarak.
d.
Memberikan
asuransi dan hadiah-hadiah bagi pelanggan tetap perusahaan.
a)
Setiap
pengguna jasa diberikan asuransi yang nyata dan tidak memberikan harapan.
b)
Memberikan
hadiah-hadiah tertentu setiap menggunakan jasa pada hari/bulan/tahun tertentu.
e.
Peningkatan
media informasi teknologi yang bersifat travel services solutions provider trusted.
a)
Membuat media web sistem informasi tentang jasa yang
disedikan beserta panggunaan jasa tersebut.
b)
Membuat sms gateway bagi pelanggan tetap agar mudah
mengakses jasa yang yang disedikan.
c)
Membuat baligho, pamlet dan media promosi lainnya
untuk menarik simpatik pengguna maupun calon pengguna jasa yang tersedia di
perusahaan ini
Analisis Domain
Menggunakan Swot
Analisis SWOT: Kekuatan
1.
Perusahaan pelopor, terkemuka dan terpercaya yang kuat dengan tingkat tinggi
akseptasi pelanggan ini memungkinkan
perusahaan untuk memperluas cabang-cabang untuk menarik
pelanggan baru di wilayah tersebut
maupun diluar wilayah.
2.
Skala operasi cukup dikenal pelanggan.
3.
Arus keuangan cukup stabil.
Analisis SWOT: Kelemahan
1.
Cabang perusahaan terbatas pada wilayah ini sehingga
pelanggan cukup jauh untuk menggunakaan jasa ini.
2.
Ketika ada permasalahan dalam pemesanan tiket
pesawat atau kereta ada trouble communication karena supplier ditempat
pemesanan sibuk.
Analisis SWOT: Peluang
1. Pertumbuhan Global penyedia jasa tiket, tour,
travel, passport, haji dan umroh.
2. Perkembangan Global pasar penyedia
jasa tiket, tour, travel, passport, haji dan umroh.
Analisis SWOT:
Ancaman
1.
Iklim ekonomi negara-negara
dari seluruh dunia telah merasakan
dampak perubahan global.
dampak perubahan global.
2. Penipuan berkedok penyedia jasa tiket,
tour, travel, passport, haji dan umroh.
3. Kecelakaan
dan becana alam yang menghambat tempat tujuan pengguna.
Analisis Domain Menggunakan
5 Competitive Forces
1.
Ancaman dari pendatang baru
i. Merubah harga penjualan jasa agar tetap di percaya pelanggan
i. Merubah harga penjualan jasa agar tetap di percaya pelanggan
ii. Memberikan sedikit ruang distribusional
bagi perusahaan baru yang belum dipercaya pelanggan
2.
Kekuatan daya tawar pembeli
i. Memberikan pemilihan harga yang sesuai
dengan yang diinginkan pelanggan
ii. Menetapkan harga yang sudah pasti yang
meyakinkan kosumen perjalanan atau jasa lainnya
iii. Memberikan produk optional lain yang mana memberikan penawaran yang menarik bagi pelanggan
iii. Memberikan produk optional lain yang mana memberikan penawaran yang menarik bagi pelanggan
3.
Nilai tawar dari supplier
i. Mencari supplier tiket atau jasa paket
tour yang lain yang kualitas dan kenyamanan sama tetapi harga suppliernya tidak
teralu tinggi.
ii. Memberikan ancaman kepada supplier dalam
jangka pendek sperti menyetop pemesanan dan link tempat yang berbeda.
4.
Ancaman dari produk pengganti
i. Memberikan keterangan dan detail
kelebihan produk yang dijual
ii. Memperbaiki harga produk agar tetap
konsisten dan bersaing dalam bidangnya dan tidak mengabayakan profit dari
produk itu sendiri.
5.
Competitor industry
i. Memberikan efisiensi yang baik pada
harga yang dimiliki oleh perusahaan agar tetap menjadi prioritas utama oleh pelanggan
ii. Membuka cabang-cabang baru untuk menutup perasingan pasar agar pendatang baru sulit berkembang menguasai pangsa pasar dengan membuka banyak cabang-cabang yang dibuat di sekitar wilayah perusahaan.
ii. Membuka cabang-cabang baru untuk menutup perasingan pasar agar pendatang baru sulit berkembang menguasai pangsa pasar dengan membuka banyak cabang-cabang yang dibuat di sekitar wilayah perusahaan.
Analisis Domain
Menggunakan BCG Matrix
VISI DAN MISI PT TASBIH
SALAM MINA
VISI
Ø
Menjadi penyedia jasa biro
perjalanan yang profesional dan terpercaya
Ø
Mendukung visi misi pariwisata
daerah nasional
Ø
Menjadi barometer bagi
penyedia sarana dan prasarana wisata nasional
MISI
ü Memberikan
pelayanan yang baik dan memuaskan dalam berwisata
ü Para
wisatawan bisa memanfaatkan secara maksimal dari fasilitas dan pelayanan
terbaik yang diberikan oleh PT. TASBIH SALAM MINA
ü Mengembangkan
SDM yang profesional di bidang jasa biro perjalanan
SEGMENTASI PASAR
·
Segmen Tour and Travel
o
Market leader PT. Tasbih
Salam Mina: 95% Pada Wilayah Tasik Segmen Penyedia jasa Passport
o
Market leader CV Jejak Utama:
75% Pada Wilayah Tasik
·
Segmen Penyedia jasa pemesanan
Ticketing
o
Market leader CV Jejak Utama:
70% Pada Wilayah Tasik
·
Segmen Penyedia Jasa Voucher
Hotel
o
Market leader PT. Putra
Mandiri: 80% Pada Wilayah Tasik
Analisis BCG Matrix :
PT TASBIH SALAM MINA (Posisi Bisnis STAR)
Ø PT. Tasbih Salam Mina bergerak dibidang jasa yang mana posisi
paling tinggi pada penyedia jasa tour dan travel sebesar 95% di wilayah tasik
Ø Saingan dalam bisnis ini adalah PT. Putra Mandiri sebesar 5% pada
bidang tour dan travel.
Analisis BCG Matrix : PT TASBIH SALAM
MINA (Posisi Bisnis Wild Cat)
Ø PT. Tasbih Salam Mina
memiliki bisnis lain selain tour dan travel tetapi posisinya belum stabil dan
tidak tetap hanya sebesar 10%.
Ø Pesaing bisnis yang sukses dalam bisnis Penyedia jasa pemesanan
ticketing transportasi adalah CV. Jejak Utama sebesar 70% dan pada perusahaan
yang tetap tidak mengelami perkembangan dan penurunan adalah CV. Katara Abadi
20%.
Analisis BCG Matrix :
PT TASBIH SALAM MINA (Posisi Bisnis Cash Cow)
Ø PT. Tasbih Salam Mina memiliki bisnis lain penyedia Voucher Hotel
posisinya stabil dan tetap sebesar 15%.
Ø Pesaing bisnis yang sukses dalam bisnis Penyedia Voucher Hotel adalah
PT. Putra Mandiri sebesar 80% dan pada perusahaan yang mengelami perkembangan
dan penurunan yang tidak tentu adalah
CV. Jejak Utama 5%.
Analisis BCG Matrix :
PT TASBIH SALAM MINA (Posisi Bisnis Dog)
Ø PT. Tasbih Salam Mina memiliki bisnis lain mencoba bisnis baru
yaitu penyedia jasa pembuatan document passport posisinya sebagai pemula
sebesar 5%.
Ø Pesaing bisnis yang sukses dalam bisnis penyedia jasa pembuatan
document passport adalah CV. Jejak Utama sebesar 75% dan pada perusahaan yang
mengelami stabil adalah PT. Putra Mandiri 20%.
Comments
Post a Comment