Analisis Proses Bisnis Pada Handayani Hotel Sumedang



Analisis Proses Bisnis Pada Handayani Hotel Sumedang dengan Menggunakan
Busienss Process Modelling Notation (BPMN)



Handayani Hotel
Jl. Prabu Gajah Agung No. 10
Sumedang

Handayani hotel merupakan salah satu pendatang baru pada bisnis perhotelan di Sumedang (2009 Akhir berdiri), hotel ini berada pada lokasi  yang strategis yaitu berada dipusat kota dan juga pusat pemerintahan daerah Kabupaten Sumedang, dan itu artinya hotel ini dapat direkomendasikan kepada para pendatang (kunjungan dinas atau wisatawan) sebagai tempat peristirahatan apabila berkunjung ke Sumedang, selain itu hotel ini berlabel kelas melati yang harga penginapannya berkisar 150.000 – 250.000 perhari.
Untuk lebih memahami lingkungan internal bisnis perusahaan saya melakukan analisis  terhadap faktor-faktor internal yang mempengaruhi kegiatan bisnis perusahaan. Analisis yang dilakukan yaitu analisis terhadap rantai nilai (Value Chain), dan untuk memahami proses bisnis yang berjalan saya menggunakan Use Case dan BPMN (Business Process Modelling Notation).





                                 
                                 


1. Analisis Value Chain
Infrastruktur Perusahaan
Parking area, CCTV, TV, AC, Hot water
Manajemen Sumber Daya Manusia
Aktivitas perekrutan dan pelatihan.
Pengembangan Teknologi 
Penggunaan aplikasi Reservasi Hotel

Pembelian 
Aktivitas pembelian produk-produk fasilitas hotel, serta pembelian peralatan dan perlengkapan kantor.






Inbound Logistic
Aktivitas penerimaan bahan baku makanan dan minuman, fasilitas produk hotel seperti sikat gigi, handuk, bunga, dan lain-lain, serta pengendalian produk-produk tersebut
Operasi
Aktivitas penjualan
produk-produk berupa kamar hotel, aula, restoran, dan berbagai    fasilitas lainnya yang
tersedia
Outbound Logistic
Pelayanan jasa hotel
Pemasaran & Penjualan
Mengadakan kerja sama
dengan travel agent dan
website penjual hotel, dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas seperti
sebagai sponsor ketika ada event/hiburan tertentu.
Pelayanan
Berusaha mendapatkan
kepercayaan pelanggan
dengan selalu memberikan pelayanan yang baik dan cepat serta menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan.






Aktivitas Primer
  Inbound Logistic
Aktivitas ini merupakan aktivitas yang berhubungan dengan penerimaan dan pengendalian produk. Aktivitas logistik dalam yang dilakukan Hotel handayani meliputi aktivitas penerimaan  bahan baku makanan dan minuman, serta produk-produk fasilitas hotel  seperti bunga, sikat gigi, sabun, handuk, dan lain-lain, serta  pengendalian pemakaian produk-produk tersebut.
  Operasi
Aktivitas ini berupa kegiatan operasional pada Hotelhandayani, yaitu melakukan penjualan produk-produk berupa kamar hotel, ballroom, restoran, dan berbagai fasilitas lainnya yang tersedia.
  Outbound Logistic
Untuk aktivitas ini, Handayani hotel hanya menjual jasa. Sehingga logistic keluarnya berupa jasa bukan barang nyata.
  Pemasaran dan Penjualan                                                         
Aktivitas pemasaran dan penjualan dilakukan oleh Hotel handayani untuk menarik minat pelanggan terhadap produk-produk yang dipasarkan. Kegiatan pemasaran dan penjualan yang dilakukan adalah dengan mengadakan kerja sama dengan travel agent dan website penjual hotel, serta ikut berpartisipasi dalam berbagai aktivitas seperti menjadi sponsor pada event-event tertentu.
  Pelayanan
Aktivitas ini merupakan aktivitas yang bertujuan untuk memperkuat atau menjaga nilai produk, serta mendapatkan kepercayaan pelanggan terhadap Hotel Hnadayani. Aktivitas pelayanan yang dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan cepat serta menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan.
2.   Aktivitas Pendukung
  Infrastruktur Perusahaan
Infrastruktur perusahaan merupakan aktivitas penyediaan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh perusahaan untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Infrastruktur Handayani Hotel meliputi CCTV untuk mengontrol lingkungan Handayani, perangkat computer untuk mengelola resesrvasi hotel, parking area untuk memudahkan tamu-tamu yang datang ke Handayani hotel yang menggunakan mobil pribadi. Hotel handayani perlu memelihara infrastruktur yang ada agar dapat berjalan dengan baik, dan memperbaiki infrastruktur yang kurang layak agar tidak menjadi ancaman bagi perusahaan.
  Manajemen Sumber Daya Manusia
Aktivitas ini merupakan aktivitas yang mengelola sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan. Aktivitas ini meliputi aktivitas perekrutan dan pelatihan karyawan Hotel.
  Pengembangan teknologi
Aktivitas pengembangan teknologi yang dilakukan Hotel Handayani saat ini adalah penggunaan Penggunaan aplikasi Reservasi Hotel (hanya system check in dan check out)
  Pembelian
Aktivitas pembelian merupakan aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendukung aktivitas utama yang mencakup aktivitas pembelian produk-produk fasilitas hotel, serta pembelian peralatan dan perlengkapan hotel.

 diagram BPMN dan use case download selengkapnya disini



                                                           DAFTAR PUSTAKA

Bizagi, BPMN 2.0 by Example Bizagi Process Modeler. http://www.bizagi.com/docs/BPMNbyExampleEng.PDF. 30 Mei 2014
Milton and Johnson, Service Blueprinting And BPMN: A Comparison. University of Melbourne, Australia



Comments

  1. Bagi yang sedang berkunjung dekat daerah Dago, silahkan mampir menginap di hotel famili di Bandung atau hotel resort di Bandung. Yang pastinya nyaman dan cocok untuk keluarga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Analisis SWOT IFE EFE CPM dan QSPM Pada Amazy (Perusahaan Makanan Siap Saji) Sumedang