SISTEM INFORMASI HANDPHONE BERBASIS WEB STUDI KASUS FERRY CELL DAN SINAR MATAHARI (SUMEDANG)



1.      PENDAHULUAN
Teknologi informasi sudah tidak asing lagi, pemakaiannya tidak hanya dari segi pendidikan saja, melainkan sudah merambah ke dunia hiburan, pencari berita, dan informasi
lainnya, seperti mencari informasi handphone ketika seseorang ingin membeli handphone, maka yang dilakukan adalah membuka website penyedia informasi. Dari survei yang saya dapat dengan berbagai website yang menyediakan informasi tentang handphone, salah satunya yaitu www.tabloidpulsa.com, untuk fans page di facebook nya saja sudah mencapai 47328 anggota, dan twitter sudah ada 25175 followers. Hal itu menandakan pencari informasi tentang gadget yang satu ini sangatlah banyak,
Untuk daerah Sumedang, saya bermaksud untuk membuat suatu sistem informasi handphone dari gerai terbesar di Sumedang, yaitu Sinar Matahari dan Ferry Cellular. Hal ini saya lakukan karena dari segi peminat Handphone itu sendiri persentasi nya sangatlah tinggi. Pengunjung dari tiap gerai ( SM dan FC) bersal dari pelosok kota Sumedang, terkadang orang hanya datang ke Gerai hanya untuk mencari informasi dan ketika ingin membandingkan harga orang tersebut harus datang ke gerai lain untuk membandingkan harga sebagai perbandingannya. Hal tersebut sangatlah membuang waktu dan tidak efektif. Oleh karena itulah solusi yang tepat untuk masalah ini adalah diciptakannya suatu sistem informasi berbasis web untuk menampung informasi tentang handphone dari kedua gerai tersebut. Dengan adanya web ini, para pencari informasi tidak perlu datang langsung ke gerai untuk mendapatkan informasi. Konsumen hanya tinggal mengunjungi website yang disediakan, maka informasi akan mereka peroleh dengan mudah tanpa harus membuang-buang waktu.



LITERATURE REVIEW

WEBSITE PENJUALAN HANDPHONE ONLINE
(Studi Kasus: Faturahman Ponsel)


Amalia Maghfirah                                     Eko Darwiyanto
amalia.maghfirah@gmail.com                           edo@politekniktelkom.ac.id

Heriyono Lalu hll@politekniktelkom.ac.id


Penelitian ini dibuat karena Saat ini proses penjulan dilakukan dengan cara manual yang dirasa tidak efektif dan efisien, proses nya yaitu konsumen datang langsung ke toko untuk melihat koleksi yang tersedia dan selanjutnya melakukan transaksi. Karena keadaan toko yang tidak terlalu luas sehingga sering sekali terjadi desakan pengunjung sedangkan untuk membuka cabang dibutuhkan waktu dan biaya yang besar. Disamping itu juga keuntungan yang diperoleh tidak terlalu besar karena cakupan wilayah pemasaran hanya disekitar kota dimana toko itu berada.
Metode penelitian penulis menerapkan Sistem Development Life Cycle (SDLC), waktu pembuatan penulis dilakukan selama 9 bulan dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan bulan Februari. Untuk studi kasus penulis lakukan di Faturahman Ponsel. Karna toko tersebut merasa perlu adanya perkembangan bisnis tanpa harus mengeluarkan modal yang besar maka penulis membantu merancang website penjualan handphone online.
Website ini di bangun dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database MySQL. Pembuatan desain sistem terdiri dari Erdiagram, Flowmap serta Data Flow diagram (DFD).

LITERATURE REVIEW
Pembuatan Aplikasi M-Commerce Untuk Pembelian Handphone Bebasis Wap Dan Wml
Roenadi Koesdijarto, Nizar Ramadhan
Juli 2007
Sistem pada aplikasi ini dibuat untuk menghadirkan halaman website  sistem informasi penjualan produk handphone yang dapat diakses melalui telepon  seluler  sehingga mempermudah. 
kostumer dalam mencari data terbaru tentang produk handphone terbaru dalam hal ini melakukan pemesanan dan transaksi pembelian.  
Metodologi yang digunakan yaitu deskripsi sistem, analisa sistem, dan rancangan sistem.













LITERATURE REVIEW

SISTEM INFORMASI PENJUALAN HANDPHONE BERBASIS WEB PADA TOKO
MACELL YOGYAKARTA

Amat Lusianto Baharudin

Peneliian ini dilakukan pasa sebuah konter handphone yaitu Macell. MACELL merupakan toko jual beli handphone beserta aksesorisnya dan service handphone. Produk yang ditawarkan bervariasi diantaranya berbagai jenis handphone dan melayani service handphone.
e-commerce diterapkan pada perusahaan MACELL untuk menambah daya saing. Melalui aplikasi e-commerce konsumen dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi tentang profil perusahaan, lokasi perusahaan dan produk-produk handphone yang ditawarkan oleh MACELL, baik persediaan handphone baru dan second. Melalui aplikasi ecommerce ini konsumen juga dapat lebih mudah untuk memesan handphone tanpa harus datang langsung ke MACELL, karena e-commerce juga menyediakan layanan on-line. Dengan aplikasi e-commerce, MACELL dapat memperluas daerah pemasaran tanpa harus mengeluarkan biaya lebih mahal. Dengan demikian, aplikasi e-commerce dapat menjadi alternative untuk memenangkan dunia persaingan dalam bisnis.






2.      PEMBAHASAN
Sistem informasi penjualan handphone konter terbesar di Sumedang ( Ferry Cellular dan Sinar Manahari) dalam pembangunan sistem informasi ini mengunakan metodologi waterfall, yaitu suatu metodologi pengembangan perangkat lunak yang mengusulkan pendekatan kepada perangkat lunak sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat kemajuan sistem pada seluruh analisis, design, kode, pengujian dan pemeliharaan.
Tahapan-tahapan nya dapat dijelaskan atau diuraikan sebagai berikut :
a.       Analisi
Pada tahap ini penulis melakukan analisis kebutuhan sistem, apa saja yang dibutuhkan, juga melakukan interview kepada yang bersangkutan untuk mencapatkan informasi yang dibutuhan, dalam hal ini wawancara kepada kedua konter hp. Dan mengambil informasi seperti daftar hp dan juga harganya.
b.      Design
Sesudah tahap analisis dilakukan makan tahap selanjutnya yaitu desain, desain bertujuan untuk menggambarkan tampilan aplikasi yang akan dibuat, disini yang bertugas mendasain akan membuat desain sesuai dengan analisis yang sudah dilakukan, pemilihan modul yang tepat akan menghasilkan aplikasi yang baik.
c.       Kode
Tahap coding dilakukan oleh programmer, mesasukan sintak sintak yang akan memberikan aksi terhadap aplikasi yang dibuat
d.      Pengujian
Tahap ini akan dilakukan setelah coding selesai secara keseluruhan, dalam pengujian akan memperlihatkan kinerja aplikasi, tahap ini juga memungkinkan adanya perubahan sistem.
e.       Pemeliharaan
Pemeliharaan sistem merupakan tahap akhir dari metodologi ini, pemeliharaan sistem sangat penting agar sistem ini berjalan dengan baik dan tahan lama. Pengembangan untuk lebih baik kedepannya
penting demi kemajuan sistem ini.

                  Gambar 2.1 Use Case Diagram

3.      KESIMPULAN
Dari pembahasan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini pada akhirnya akan membantu proses transaksi secara fisik, karena mengurangi jumlah pengunjung yang langsung datang ke toko hanya untuk melihat-lihat saja, jadi pada akhrnya 90% dari pelanggan yang datang merpakan calon pembeli bukan hanya untuk melihat-lihat saja. Pembuatan situs juga akan memudahkan pelanggan dalam mengakses informasi tentang persediaan handphone karena pelanggan tidak perlu datang langsung ke outlet untuk sekedar menanyakan harga, spesifikasi, dan ketersediaan barang.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT IFE EFE CPM dan QSPM Pada Amazy (Perusahaan Makanan Siap Saji) Sumedang