Sejarah Radio Citra



PT. Radio Swara Duta Citra Irama adalah sebuah perusahaan jasa yang bergerak di bidang radio siaran swasta niaga. Narna radio siarannya adalah Radio Citra 99,4 FM Sumedang. Radio ini pertama kali didirikan bernama Radio Kompas yang menggunakan gelombang frekuensi metode transmisi System Amplitude Modulation (AM) pada tahun 1967 oleh H. Dudung Antaputra yang berlokasi di Jalan Entje Aziz Bandung.Sejarah pendirian radio tersebut karena
rasa cinta yang teramat dalam terhadap dunia radio siaran clan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi, maka pada tahun 1967 bapak H. Dudung Antaputra mendirikan radio tersebut. Pada mulanya siaran radio tersebut hanya dilakukan oleh seorang penyiar maupun teknisi amatiran karena kebanyakan merupakan teman ataupun keluarga yang mempunyai hobi sama yaitu menyukai tentang radio siaran, sehingga pada waktu itu tidak ada sistem gaji ataupun bayaran bagi para penyiar maupun teknisinya, mereka hanya menyalurkan hobinya diwaktu Luang. Pada tahun 1971, stasiun radio ini pindah lokasi ke jalan Merdeka tepatnya di gedung Panti Karya yang sekarang depan BIP (Bandung Indah Plaza) Seiring dengan persaingan dan berkembangnya radio siaran di Bandung, pada tahun 1979 radio tersebut pindah ke jalan Mayor Abdurahman No. 251 Sumedang. Pada tahun tersebut pihak radio mulai mendapatkan masukan dana dari pihak luar walaupun hanya sebagai ongkos ganti pemakaian listrik, banyak pihak-pihak yang ingin mempromosikan produk mereka melalui jasa radio siaran tersebut.
Pada tahun 1987 radio tersebut menjadi sebuah perseroan terbatas (PT) dengan nama PT. Radio Swara Duta Citra Irama dengan akta notaries Chufran S.H No. 14 tanggal 24 Agustus 1985 di Jakarta yang disahkan oleh Departemen Kehakiman dan HAM nomor 34 tertanggal 28 agustus, 1987. Sekaligus berpindah frekuensi dari System Amplitude Modulation (AM) ke System Frequency Modulation (FM) dengan nama sebutan di udara Radio Citra 100,2 FM dan pada tahun 1990 untuk meningkatkan kunlitas siaran makan frekuensi radio dipindahkan ke 99,4 FM. Hingga saat ini, sebutan diudaranya menjadi Radio Citra, 99,4 FM Sumedang.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT IFE EFE CPM dan QSPM Pada Amazy (Perusahaan Makanan Siap Saji) Sumedang