BAB I PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Perkembangan pesat teknologi informasi seperti perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan teknologi komunikasi lainnya telah menciptakan persaingan-persaingan baik dari segi bisnis maupun yang lainnya. Adanya suatu “intervensi” di era informasi ini, para pelaku bisnis maupun suatu dinas pemerintahan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja organisasinya, salah satunya yaitu dengan menerapkan suatu sistem informasi berbasis komputer. Suatu sistem informasi berbasis komputer diklaim dapat mendorong kinerja suatu perusahaan atau
instansi pemerintahan dalam mencapai tujuannya. Kesuksesan itu karena penggunaan suatu sistem informasi ini merupakan sebuah langkah penginvestasian bagi penggunanya dan diklaim dapat menghasilkan payback yang lebih besar. Penerapan sistem informasi ini pada dasarnya mengacu pada sisi efektifitas dan efisiensi, baik pada segi material maupun nonmaterial. Sistem informasi juga akan membantu manajer atau pemimpin perusahaan/organisasi dalam menentukan strategi yang tepat dalam menangani masalah atau untuk mengembangkan kinerja organisasi.
Pemanfaatan teknologi informasi sekarang ini tidak hanya dinikmati oleh kalangan bisnis saja dan atau pendidikan saja, tapi sudah mulai merambah ke dunia pemerintahan. Pada suatu dinas pemerintahan tentunya akan sangat riskan apabila masih menggunakan sistem lama (tradisional), hal ini dapat memperbesar peluang terjadinya kesalahan dan informasi yang dihasilkan tentunya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan, persentasi terjadinya human error dengan menggunakan system tradisional ini sangatlah besar. Sebagai contoh instansi pemerintahan di Sumedang yang masih menggunakan sistem tradisional yaitu Instansi Pemerintahan Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja. Menurut Permendagri RI Nomor 13 Tahun 2013 Pasal 1, Desa atau yang disebut dengan nama lain, yang selanjutnya disebut desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangan Pemerintahan Desa adalah penyelenggaran urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia; Desa Sukaratu merupakan salah satu Desa dari 16 Desa yang ada di wilayah Darmaraja Kabupaten Sumedang yang terletak 0,5 Km kearah utara dari Kecamatan Darmaraja atau sebelah utara Pusat Kabupaten Sumedang, luas wilayah Desa Sukaratu kurang lebih130,110 Hektar dengan jumlah penduduk 2623 jiwa.
Sistem yang ada pada Desa Sukaratu sangatlah beragam, namun dalam penelitian ini saya menitikberatkan pada sIstem pengelolaan penduduknya beserta pengelolaan surat administratif. Dari penelitian yang telah saya lakukan, pengelolaan sIstem kependudukan desa masih bersifat manual (Tradisional), hal tersebut dapat dilihat dari prosedurnya, data yang disimpan juga masih ditumpuk dalam lemari (belum tersedianya database). Dari prosedur tersebut masalah yang dihadapi yaitu dalam penyediaan laporan data penduduk sesuai kategori yang dibutuhkan, petugas desa seringkali mengalami kesulitan karena data tidak terorganisir, seringkali data pada komputer karena terpisah antara satu dengan yang lainnya maka ketika dibutuhkan data tersebut harus dicari dahulu filenya, hal tersebut tentunya tidak efektiff dan efisien. Selain itu dalam pembuatan surat-surat administratif membutuhkan waktu yang lama, hal tersebut seringkali membuat warga mengeluh karena harus menunggu lama. Oleh karena itu untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi, penulis mengambil judul “PERANCANGAN APLIKASI KEPENDUDUKAN DESA SUKARATU” yang nantinya akan dituangkan dalam sebuah aplikasi untuk mengganti sistem lama (tradisional) ke sistem informasi berbasis komputer.

1.2              Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah penulis kemukakan, maka penulis  dapat menarik esensi dari latar belakang tersebut dan membaginya dalam beberapa permasalahan, yakni sebagai berikut :
a.       Pembuatan laporan yang menyulitkan petugas karena data tidak terorganisir. Kesulitan ini terjadi terutama ketika dibuthkan laporan penduduk berdasarkan kategori (berdasarkan usia, pekerjaan, agama, kewarganegaraan, etnis, dll)
b.      Sulitnya melakukan pencarian data individu penduduk yang memakan waktu lama, karena pencarian dilakuka dengan melihat satu persatu data.
c.       Tidak tersedianya database, hal tersebut sangatlah beresiko karena rentan hilangnya data.
d.      Pembuatan surat-surat administratif membuthkan waktu yang lama

1.3              Rumusan Masalah
Inti masalah yang penulis angkat dalam penelitian ini yaitu Bagaimana merancang sebuah aplikasi yang mampu mengatasi permasalahan pada sistem kependudukan desa Sukaratu. Dalam hal ini untuk mempermudah dalam pemahaman maka penulis membaginya kedalam beberapa pertanyaan sebagai berikut:
a.       Bagaimana pengelolaan data kependudukan serta di Instansi Pemerintahan Desa Sukaratu Kecamata Ganeas Kabupaten Sumedang dapat dilakukan secara efektif dan efisien? 
b.      Bagaimana merancang aplikasi kependudukan Desa Sukaratu?

1.4              Batasan Masalah
Agar dalam penelitian ini tidak terlalu meluas dalam pembahasannya maka penulis memfokuskan penelitian ini pada hal-hal berikut :
a.       sistem kependudukan beserta keperluan administratifnya. Yang mana meliputi pendataan penduduk sampai pelaporan yang dibuat berdasarkan kategori tertentu.
b.      Surat-surat administratif, meliputi;
1.      Surat Keterangan Kelakuan Baik
2.      Surat Keterangan Usaha
3.      Surat Keterangan Kematian
4.      Surat Keterangan Tidak Mampu
5.      Surat Keterangan Jamkesmas
1.5              Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.       Merancang aplikasi kependudukan Desa Sukaratu.
b.      Mencari solusi terbaik dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas terhadap pengelolaan kepedudukan beserta keperluan administratif di Desa Sukaratu.
Manfaat dari penelitian ini sebagai berikut :
a.    Untuk mendapatkan gambaran yang spesifik tentang prosedur pelayanan kependudukan di Desa Sukaratu.
b.    Sebagai rujukan awal dalam mengembangkan sistem informasi yang berbasiskan komputer

1.6              Metodologi Pengembangan Software
Metode Analisis dan Metode Perancangan.
a.       Metode Analisis
(1) survei atas sistem yang sedang berjalan,
(2) Analisis terhadap temuan survei,
(3) Identifikasi kebutuhan Informasi, dan
(4) Identifikasi persyaratan system
b.      Metode Perancangan Dalam Laporan Kerja Praktek ini menggunakan metode perancangan terstruktur  melalui tahapan sebagai berikut :
(1)   Pembuatan Data Flow Diagram
(2)   Pembuatan Kamus Data
(3)   Pembuatan Entity Relationship Diagram
(4)   Pembuatan State Transition Diagram
(5)   Pembuatan Rancangan Masukan dan Keluaran.
c.       Metode Pengumpulan Data
(1)  Observasi
Yaitu mengadakan pengumpulan data dengan mengamati secara langsung ke Objek Penelitian. Melihat prosedur prosedur yang sedang berjalan, dimulai dari pendataan penduduk hingga pembuatan laporan-laporannya.
(2)  Studi Pustaka
Yaitu  suatu cara  pengumpulan data  dengan membaca ketentuan-ketentuan tentang  permasalahan yang akan diteliti lalu menganalisa dan selanjutnya mengambil suatu kesimpulan dari data tersebut yang berkenaan dengan tujuan penulisan tersebut. Berkenaan dengan studi pustaka, penulis mencari informasi yang dibutuhkan, seperti hard copy berupa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan sistem kependudukan, juga mencari definisi-definisi di internet.
(3)  Wawancara
Wawancara dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan terhadap pegawai terkait system kependudukan Desa Sukaratu
1.7              Sistematika Penulisan
Penyusunan Project Work ini menggunakan kerangka pembahasan yang terbentuk dalam susunan bab, yang dapat di jelaskan sebagai berikut;
BAB I PENDAHULUAN : Pada bab ini akan dibahas mengenai latar belakang, tujuan, ruang lingkup, rumusan masalah, dan metodologi pembangunan sistem serta sistematika pembahasan dari laporan Project Work.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA : Merupakan dasar teori / dasar pemikiran dalam menyusun laporan Project Work ini, mengenai proses analisis dan juga perancangan sistem.
BAB III ANALISIS SISTEM YANG SEDANG BERJALAN: Dalam bab ini dibahas mengenai system yang sedang berjalan (sistem kependudukan Desa Sukaratu). Juga dipaparkan mengenai struktur organisasi beserta tupoksinya. Gambaran system akan dikembangkan dengan cara terstruktur.
BAB VI RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN : Berdasarkan analisis system yang sedang berjalan maka pada bab ini djelaskan rancangan system yang penulis usulkan.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN : Menjelaskan tentang Kesimpulan, serta  saran guna pencapaian laporan yang lebih sempurna.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT IFE EFE CPM dan QSPM Pada Amazy (Perusahaan Makanan Siap Saji) Sumedang