Landasan dari Kualitas Tinggi



11.2.   Landasan dari Kualitas Tinggi

Tak  usah  dikatakan  bahwa  mempertahankan  kualitas dari  paket  perangkat lunak mungkin merupakan pondasi yang paling penting yang mendasari kualitas layanan pemeliharaan. Pondasi
lain yang penting adalah kebijakan pemeliharaan.

11.2.1.  Landasan 1 : Kualitas Paket Perangkat Lunak

Kualitas dari paket perangkat lunak yang akan dipertahankan jelas berasal dari keahlian dan upaya tim pengembangan  serta  aktivitas  SQA  yang  dilakukan  selama  proses  pembangunan.  Jika  kualitas  paket adalah rendah, perawatan akan menjadi kurang  atau tidak efektif. Berikut adalah 7 dari 11 faktor asli jaminan kualitas(bab 3) yang memiliki dampak langsung pada pemeliharaan perangkat lunak.
(1) Kebenaran(correctness) - meliputi:

·   Kebenaran  Keluaran:  Kesempurnaan  output  tertentu  (dengan  kata  lain,  tak  ada  keluaran  yang hilang),  keakuratan  keluaran  (output  semua  sistem  diproses  dengan  benar),  yang  up-to-datedness output (informasi diolah   up to date yang sesuai dengan yang ditetapkan) dan ketersediaan output (waktu  reaksi  tidak  melebihi  nilai  maksimum  yang  ditentukan,  terutama  dalam  aplikasi  online  dan
real-time). Kebenaran dokumentasi. Kualitas dokumentasi: kelengkapan, akurasi, gaya dan struktur dokumentasi. Dokumentasi meliputi format hard copy dan file komputer - manual tercetak serta elektronik "help" file - bahwa ruang lingkupnya meliputi instalasi manual, buku petunjuk dan manual programmer.

·   Dokumentasi  Benar.  Kualitas  dokumentasi:  kelengkapan,  akurasi,  dokumentasi  gaya  dan  struktur.
Format  Dokumentasi   termasuk   hard  copy   dan  file  komputer   -   manual   cetak   serta   elektronik "bantuan"   file   -   bahwa   ruang   lingkup   meliputi   instalasi   manual,   buku   petunjuk   dan   manual programmer.
·   Kualifikasi   Koding.   Kepatuhan   dengan   instruksi   coding,   terutama   membatasi   dan   mengurangi kompleksitas kode dan mendefinisikan gaya pengkodean standar.
(2) Keandalan. Frekuensi kegagalan sistem serta waktu pemulihan.
              Faktor ketiga produk revisi adalah sebagai berikut :
ž   Maintainability.  Persyaratan  ini  dipenuhi  pertama  dan  terutama  dengan  mengikuti  struktur perangkat  lunak  dan  persyaratan  gaya  dan  dengan  menerapkan  persyaratan  programmer dokumentasi.
ž   Fleksibility. Dicapai dengan perencanaan yang tepat dan desain, fitur yang menyediakan ruang aplikasi yang jauh lebih luas daripada yang diperlukan untuk populasi pengguna saat ini. Dalam prakteknya, ini berarti bahwa ruangan yang tersisa untuk perbaikan fungsional masa depan.
ž   Testability.  Testability  termasuk  ketersediaan  sistem  diagnostik  yang  akan  diterapkan  oleh pengguna   serta   diagnosa   kegagalan   untuk   diterapkan   oleh   pusat   dukungan   atau   staf pemeliharaan di lokasi pengguna.

Terakhir, faktor produk dua transisi adalah sebagai berikut :
ž   Portability. Perangkat lunak potensi aplikasi pada hardware yang berbeda dan lingkungan sistem operasi, termasuk kegiatan yang memungkinkan aplikasi tersebut.
ž   Interoperability.   Kapasitas   Paket   untuk   antarmuka   dengan   paket   lainnya   dan   peralatan terkomputerisasi.    Interoperability    tinggi    dicapai    dengan    menyediakan    kapasitas    untuk memenuhi standar interfacing dikenal dan mencocokkan interfacing  diterapkan oleh produsen terkemuka peralatan dan perangkat lunak.

Untuk jumlah - upaya untuk menjamin kualitas layanan pemeliharaan harus dimulai awal dalam tahap pengembangan perangkat lunak, ketika masing-masing faktor kualitas ditinjau di atas adalah ditentukan dalam persyaratan proyek dan lagi kemudian, ketika terintegrasi dalam rancangan proyek.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT IFE EFE CPM dan QSPM Pada Amazy (Perusahaan Makanan Siap Saji) Sumedang