Pencegahan dan tindakan korektif



Pencegahan dan tindakan korektif
                  Tahap operasi dari siklus hidup perangkat lunak menghasilkan informasi yang sangat berharga: catatan kegagalan perangkat lunak dan perbaikan mereka serta catatan permintaan dukungan pengguna dapat menyebabkan dan perbaikan tindakan preventif dan ada-dengan
berkontribusi terhadap  peningkatan  perangkat  lunak  sistem  baru  dan  yang  sudah  ada.  Untuk  proses  yang akan  efektif,  perlu  ada  proses  yang  memadai  untuk  screening  informasi  yang  dikumpulkan, mengkaji dan menganalisis temuan,  dan menyusun rekomendasi untuk perbaikan pembangunan   yang   relevan   dan   proses   pemeliharaan.   Kegiatan   ini   SQA   diarahkan   dan dikendalikan  oleh  komite  internal  -  dalam  CAB  (Corrective  Action  Board),  ditemukan  dalam organisasi  pengembangan  perangkat  lunak  utama.   Masalah  biasanya  disampaikan  kepada Dewan untuk diperiksa meliputi:
ž   Perubahan isi dan frekuensi permintaan pelanggan untuk layanan dukungan pengguna
ž   Peningkatan rata-rata waktu yang diinvestasikan dalam mematuhi pengguna mendukung permintaan's pelanggan
ž   Peningkatan rata-rata waktu yang diinvestasikan dalam memperbaiki perangkat lunak kegagalan's pelanggan
ž   Peningkatan persentase koreksi kegagalan perangkat lunak.

11.4.4. Pengawasan pengelolaan tool SQA untuk pemeliharaan software
Selain digunakan untuk mendapatkan informasi secara berkala, juga digunakan sebagai berikut :

     Software correction
     Peningkatan penggunaan sumber daya
     Penurunan tingkat kegagalan pada perbaikan dari jarak jauh
     Peningkatan tingkat perbaikan on-site di lokasi-lokasi jarak jauh dan jasa luar negeri
     User Support
     Penigkatan permintaan terhadap layanan suatu software
     Peningkatan pemanfaatan sumber daya dalam layanan pendukung user
     Kepuasan pelanggan informasi berdasarkan survei kepuasan pelanggan

11.5.   Ringkasan

     Ada tiga komponen perawatan perangkat lunak, masing-masing melakukan :
     Perbaikan maintenanceperangkat lunak dan layanan pendukung user
     Adaptive maintenance yang menyesuaikan paket perangkat lunak untuk pelanggan dan perubahan kondisi lingkungan
     Perbaikan pada fungsi maintenance dengan menggabungkan kegiatan maintenance dengan meningkatkan kinerja dan kehandalan perangkat lunak
     Dua faktor yang dianggap sebagai dasar maintenance yang berkualitas adalah kualitas paket perangkat lunak dan kebijakan maintenance yang diterapkan
     Komponen pra-perawatan kualitas perangkat lunak meliputi (a) review kontrak maintenance dan (b) penyusunan rencana pemeliharaan. Beberapa tujuan kegiatan ini adalah klarifikasi
persyaratan pelanggan , analisis terhadap pendekatan alternatif untuk menyediakan layanan dan meninjau estimasi sumber daya dan biaya


Comments

Popular posts from this blog

Analisis SWOT IFE EFE CPM dan QSPM Pada Amazy (Perusahaan Makanan Siap Saji) Sumedang