Pencegahan dan tindakan korektif
Pencegahan dan tindakan korektif
Tahap operasi dari siklus hidup perangkat lunak menghasilkan informasi yang sangat berharga: catatan kegagalan perangkat lunak dan perbaikan mereka serta catatan permintaan dukungan
pengguna dapat menyebabkan dan perbaikan tindakan preventif dan ada-dengan
berkontribusi terhadap peningkatan perangkat lunak sistem baru dan yang sudah ada. Untuk proses yang akan efektif, perlu ada proses yang memadai untuk screening informasi yang dikumpulkan, mengkaji dan menganalisis temuan, dan menyusun rekomendasi untuk perbaikan pembangunan yang relevan dan proses pemeliharaan. Kegiatan ini SQA diarahkan dan dikendalikan oleh komite internal - dalam CAB (Corrective Action Board), ditemukan dalam organisasi pengembangan perangkat lunak utama. Masalah biasanya disampaikan kepada Dewan untuk diperiksa meliputi:
berkontribusi terhadap peningkatan perangkat lunak sistem baru dan yang sudah ada. Untuk proses yang akan efektif, perlu ada proses yang memadai untuk screening informasi yang dikumpulkan, mengkaji dan menganalisis temuan, dan menyusun rekomendasi untuk perbaikan pembangunan yang relevan dan proses pemeliharaan. Kegiatan ini SQA diarahkan dan dikendalikan oleh komite internal - dalam CAB (Corrective Action Board), ditemukan dalam organisasi pengembangan perangkat lunak utama. Masalah biasanya disampaikan kepada Dewan untuk diperiksa meliputi:
Perubahan isi dan frekuensi permintaan pelanggan untuk layanan dukungan pengguna
Peningkatan rata-rata waktu yang diinvestasikan dalam mematuhi
pengguna mendukung
permintaan's pelanggan
Peningkatan rata-rata waktu yang diinvestasikan dalam memperbaiki perangkat lunak kegagalan's pelanggan
Peningkatan persentase koreksi kegagalan perangkat lunak.
11.4.4. Pengawasan pengelolaan tool SQA
untuk pemeliharaan software
Selain digunakan untuk mendapatkan informasi secara berkala, juga digunakan sebagai
berikut :
• Software correction
• Peningkatan penggunaan sumber
daya
• Penurunan tingkat kegagalan pada perbaikan dari jarak jauh
• Peningkatan tingkat perbaikan on-site di
lokasi-lokasi
jarak jauh dan jasa luar negeri
• User Support
• Penigkatan permintaan terhadap layanan suatu software
• Peningkatan pemanfaatan sumber daya dalam layanan pendukung
user
• Kepuasan
pelanggan informasi
berdasarkan survei
kepuasan pelanggan
11.5. Ringkasan
• Ada tiga komponen perawatan perangkat lunak, masing-masing
melakukan :
• Perbaikan maintenanceperangkat lunak dan layanan pendukung user
• Adaptive maintenance yang
menyesuaikan paket perangkat lunak untuk pelanggan dan perubahan kondisi lingkungan
• Perbaikan pada fungsi
maintenance dengan menggabungkan kegiatan maintenance
dengan meningkatkan kinerja dan kehandalan perangkat lunak
• Dua faktor yang
dianggap sebagai
dasar maintenance yang berkualitas adalah
kualitas paket perangkat lunak dan kebijakan maintenance
yang
diterapkan
• Komponen pra-perawatan kualitas perangkat lunak meliputi
(a)
review kontrak maintenance dan (b) penyusunan rencana pemeliharaan.
Beberapa tujuan kegiatan ini
adalah klarifikasi
persyaratan pelanggan , analisis
terhadap pendekatan alternatif untuk menyediakan layanan
dan
meninjau estimasi sumber
daya dan biaya
Comments
Post a Comment